PEMBELAJARAN FISIKA MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP RASMAN MULYA TAHUN AJARAN 2016/2017

Sugiwan, Citra Indrasari (2017) PEMBELAJARAN FISIKA MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP RASMAN MULYA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kontekstual pada materi pokok Listrik Statis kelas IX semester I di SMP Rasman Mulya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen1 dan kelas eksperimen2. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Rasman Mulya dengan 52 peserta didik dari dua kelas yaitu kelas IX B sebagai kelas eksperimen1 dan IX A sebagai kelas eksperimen2. Kelas eksperimen menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw, dan kelas eksperimen2 menggunakan model pembelajaran kontekstual. Berdasarkan hasil perhitungan hasil rata-rata antara model kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kontekstual terdapat perbedaan hasil rata-rata yang di dapat oleh siswa. Dari perhitungan uji t dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 = ditolak dan Ha = diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 24 Mar 2017 02:49
Last Modified: 24 Mar 2017 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/454

Actions (login required)

View Item View Item