PENGARUH PENERAPAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW DAN SELF CONFIDENCE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMK YP.17 BARADATU KABUPATEN WAY KANAN

Maimunah, Siti (2018) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW DAN SELF CONFIDENCE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMK YP.17 BARADATU KABUPATEN WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (26MB) | Preview

Abstract

Salah satu pendidikan yang dapat mengembangkan kemampuan dan kreativitas peserta didik adalah pendidikan matematika. Namun, pembelajaran matematika masih dianggap sulit oleh sebagian peserta didik. Sehingga dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Di antara penyebab rendah tingkat keaktifan dan hasil belajar peserta didik salah satunya yaitu faktor eksternal, dimana di dalam faktor eksternal terdapat model pembelajaran. Oleh karena itu, pada proses pembelajaran guru diharapkan menggunakan berbagai model pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Selain itu kepercayaan diri pada peserta didik dapat mendorong kegiatan belajar peserta didik sehingga berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh penerapan strategi quick on the draw terhadap hasil belajar matematika peserta didik, apakah terdapat pengaruh self confidence (tinggi, sedang, rendah) terhadap hasil belajar matematika peserta didik, apakah terdapat hubungan antara strategi quick on the draw dan self confidence terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode wawancara, dokomentasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah tes berbentuk uraian essay dan angket berbentuk pernyataan-pernyataan. Analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalan dengan sel tak sama, maka hasil penelitian diperoleh (1) terdapat pengaruh strategi quick on the draw terhadap hasil belajar matematika peserta didik di SMK YP.17 Baradatu Way Kanan. (2) terdapat pengaruh peserta didik yang memiliki self confidence (tinggi, sedang, rendah) terhadap hasil belajar matematika. (3) tidak terdapat hubungan antara strategi quick on the draw dan self confidence terhadap hasil belajar matematika peserta didik di SMK YP.17 Baradatu Way Kanan. Kata Kunci: Strategi quick on the draw, Self Confidence dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Oct 2018 02:26
Last Modified: 02 Oct 2018 02:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4537

Actions (login required)

View Item View Item