PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PEMUAIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 4 BANDAR LAMPUNG

Megawati, M (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PEMUAIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 4 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_WATERMARK_FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah sering dijumpai permasalahan dalam pembelajaran, salah satunya pada kelas VII C dan kelas E SMPN 4 Bandar lampung yang memiliki permasalahn dalam pembelajaran. Permasalahan tersebut antara lain adalah kurangnya inovasi pendidik ketika melakukan pembelajaran di kelas, tidak adanya model-model pembelajaran untuk menimbulkan ketertarikkan peserta didik, ini hanya akan menciptakan pempelajaran yang monoton sehingga peserta didik hanya mendengar dan mencatat tanpa interaksi dengan pendidik atau peserta didik lainnya. Keadaan ini merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen, dengan metode demontarasi dan diskusi. Populasi penelitian ini adalah 10 kelas VII SMPN 4 Bandar Lampung dengan jumlah 310 peserta didik. Sampel dari penelitian ini adalah 3 kelas VII E kelas eksperimen,dan kelas VII C kelas kontrol. Sedangkan untuk uji coba instrumen yaitu kelas VII A berjumlah 30 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak. Data yang di kumpulkan menggunakan test, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t parsial dengan bantuan program SPSS 17,0 Windows. Uji-t digunakan untuk melihat pengaruh signifikan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar fisika pada pokok bahasan pemuaian pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 77,87, sedangkan pada kelas kontrol dengan rata-rata 58,18. Dari hasil uji-t parsial dengan mengunakan model pembelajaran Problem Posing Thitung > Ttabel (0,05) yaitu dengan nilai 6,155 > 1,693 sig 0,000 < 0,05 maka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 24 Mar 2017 02:50
Last Modified: 24 Mar 2017 02:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/453

Actions (login required)

View Item View Item