PENGARUH GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS KELAS X DI SMAN 1 JABUNG LAMPUNG TIMUR

Oktaviani, Eva (2017) PENGARUH GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS KELAS X DI SMAN 1 JABUNG LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran fisika di SMAN 1 Jabung Lampung Timur, masih didominasi oleh guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini berdampak terhadap rendahnya hasil belajar fisika peserta didik. Untuk itu perlu diberikan suatu pendekatan pembelajaran yang kemudian dapat menunjang hasil belajar peserta didik agar lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. “Apakah terdapat pengaruh pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar Fisika Peserta Didik pada pokok bahasan gerak lurus kelas X Di SMAN Jabung Lampung Timur tahun ajaran 2016/2017?” Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah : Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar Fisika peserta didik pada pokok bahasan gerak lurus kelas X di SMAN 1 Jabung Lampung Timur. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Jabung Lampung Timur dan didapatkan kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan uji t pada taraf signifikasi 0,05 hal ini dapat dilihat dari thitung > ttabel. Adanya hipotesis yang diajukan pada penelitian ini H0 : Tidak terdapat pengaruh Group Investigation terhadap hasil belajar peserta didik. H1 : Terdapat pengaruh Group Investigation terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata tes akhir pada kelas kontrol adalah 69,67 dengan kualifikasi “baik” dan nilai rata-rata tes akhir pada kelas eksperimen adalah 79,16 dengan kualifikasi “baik”. Untuk uji normalitas tes akhir kelas eksperimen menunjukkan Lhitung < Ltabel dengan nilai 0,151 < 0,161 dan nilai akhir pada kelas kontrol yaitu 0,128 < 0,161 maka dapat disimpulkan bahwa data tes akhir berdistribusi “normal”. Sedangkan untuk uji homogenitas tes akhir menunjukkan Fhitung < Ftabel yaitu dengan nilai 0,73 < 3,841, setelah diberikan perlakuan maka didapat hasil tes akhir hasil belajar diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 3,7250 > ttabel = 2,6575) pada taraf signifikasi 5 % atau 0,05. Kata kunci : Pengaruh Group Investigation, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:30
Last Modified: 21 Mar 2017 01:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item View Item