ROSIDAH, NOMI
(2018)
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BERSERI UNTUK
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PESERTA
DIDIK KELAS IV MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
DI SDN 1 JATI BARU TANJUNG BINTANG.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Salah satu faktor rendahnya hasil belajar peserta didik dan kurangnya
merespon terhadap materi yang disampaikan pada mata pelajaran bahasa Indonesia
khususnya menulis narasi dalam kegiatan belajar mengajar yaitu karena kurangnya
media pembelajaran yang bervariasi dan cenderung menggunakan media
pembelajaran yang sudah sering digunakan. Untuk menyikapi permasalahan tersebut,
maka penulis tertarik untuk menggunakan media pembelajaran gambar berseri.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah :“Apakah media pembelajaran gambar
berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik kelas IV pada
mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 1 Jati Baru Tanjung Bintang”?
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: Mengetahui peningkatan
keterampialn menulis narasi setelah diterapkannya media gambar berseri pada peserta
didik kelas IV SDN 1 Jati Baru Tanjung Bintang Semester II Tahun Pelajaran
2017/2018. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan
jumlah siswa sebanyak 27 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan
dengan menerapkan media gambar berseri. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua
siklus.
Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan
kelas, dapat di jelaskan bahwa: hasil peningkatan prestasi belajar peserta didik dari
prasiklus masih rendah karena di bawah KKM yaitu rata-rata kelas mencapai nilai
68,85. Pada siklus I setelah diterapkan media gambar berseri pada menulis narasi
nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 72,02 sudah mencapai KKM
namun masih pada keriteria sedang dan ketuntasan belajar masih 70,38 % belum
mencapai 80% maka dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II rata-rata kelas mencapai
nilai 85,19 sudah termasuk kriteria baik dan ketuntasan belajar peserta didik juga
sudah tuntas dengan persentase ketuntasan 92,60% melebihi kriteria ketuntasan
minimum yaitu 80%. Maka dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri dapat
meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik kelas IV SDN 1 Jati Baru
Tanjung Bintang.
Actions (login required)
 |
View Item |