PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PESERTA DIDIK KELAS IV MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 1 JATI BARU TANJUNG BINTANG

ROSIDAH, NOMI (2018) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PESERTA DIDIK KELAS IV MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 1 JATI BARU TANJUNG BINTANG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (71MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor rendahnya hasil belajar peserta didik dan kurangnya merespon terhadap materi yang disampaikan pada mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya menulis narasi dalam kegiatan belajar mengajar yaitu karena kurangnya media pembelajaran yang bervariasi dan cenderung menggunakan media pembelajaran yang sudah sering digunakan. Untuk menyikapi permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk menggunakan media pembelajaran gambar berseri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah :“Apakah media pembelajaran gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 1 Jati Baru Tanjung Bintang”? Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: Mengetahui peningkatan keterampialn menulis narasi setelah diterapkannya media gambar berseri pada peserta didik kelas IV SDN 1 Jati Baru Tanjung Bintang Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa sebanyak 27 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan menerapkan media gambar berseri. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat di jelaskan bahwa: hasil peningkatan prestasi belajar peserta didik dari prasiklus masih rendah karena di bawah KKM yaitu rata-rata kelas mencapai nilai 68,85. Pada siklus I setelah diterapkan media gambar berseri pada menulis narasi nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 72,02 sudah mencapai KKM namun masih pada keriteria sedang dan ketuntasan belajar masih 70,38 % belum mencapai 80% maka dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II rata-rata kelas mencapai nilai 85,19 sudah termasuk kriteria baik dan ketuntasan belajar peserta didik juga sudah tuntas dengan persentase ketuntasan 92,60% melebihi kriteria ketuntasan minimum yaitu 80%. Maka dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik kelas IV SDN 1 Jati Baru Tanjung Bintang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 14 Sep 2018 01:50
Last Modified: 14 Sep 2018 01:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4421

Actions (login required)

View Item View Item