PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK POKOK BAHASAN BUNYI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Puspita, Mela (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK POKOK BAHASAN BUNYI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger untuk pokok bahasan bunyi terhadap motivasi belajar peserta didik dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger untuk pokok bahasan bunyi terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Jati Agung Lampung Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan 3 instrumen yaitu angket motivasi belajar, tes kemampuan berpikir kreatif berupa soal essay dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Treffinger. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan uji-t skor rata-rata motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen 87,6 dan kelas kontrol 80,0 diperoleh nilai thitung > ttabel (6,019 > 1,996). Skor rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen 80,3 dan kelas kontrol 61,0 diperoleh nilai thitung > ttabel (7,589 > 1,996). Jadi dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Treffinger untuk pokok bahasan bunyi terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 13 Sep 2018 02:49
Last Modified: 13 Sep 2018 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4405

Actions (login required)

View Item View Item