EFEKTIVITAS PEMBELAJRAN SETS (Science, Environment, Technology, Society) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI

ZAHRA, MELTA (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJRAN SETS (Science, Environment, Technology, Society) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology and Society) terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Untuk melihat penguasan keterampilan proses peserta didik peneliti mengunakan tes dan observasi. Pada bagian tes peserta didik diberikan tes urain sedangakan observasi dinilai pada saat pembelajaran berlangsung dan praktikum. Penelitian ini untuk melihat pengaruh model pembelajaran SETS terhadap keterampilan proses sains pada pokok bahasan usaha dan energi kelas X MIA MAN 2 Bandar Lampung Tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas kebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Sampel penelitian yaitu dengan cara mengundi kelas yang ada terdapat pada kelas X MIA yang memiliki kemampuan yang hampir sama. Kemudian peneliti memberikan perlakuan terhadap kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan diterapkan model pembelajaran SETS dalam belajar, dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional sesuai dengan kebiasaan pendidik. Untuk mengetahui perbedaan penguasaan keterampilan proses sains pada kelas kontrol dan kelas eksperimen di lakukan uji-t dengan rumus Polled Varians. Hasil analisis menunjukan thitung = 11,1223 sedangkan ttabel = 1,9908 dengan taraf signifikan 0,05% sehingga thitung > ttabel. H1 diterima. Model pembelajran SETS lebih efektiv terhadap keterampilan proses sains peserta didik, keefetivan dapat dilihat dengan uji effect size. Hasil dari uji Effect size yaitu 1,54 sehingga termasuk dalam kategori tinggi (d = 1,54 > 0,8). Sehingga dapat simpulkan bahwa model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology and Society) efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Sep 2018 01:51
Last Modified: 03 Sep 2018 01:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4338

Actions (login required)

View Item View Item