PENGARUH METODE PICTORIAL RIDLLE TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU PADA MATERI IPA PESAWAT SEDERHANA

Yuliani, Khikmah (2017) PENGARUH METODE PICTORIAL RIDLLE TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU PADA MATERI IPA PESAWAT SEDERHANA. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode diharapkan mampu menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi rendahnya hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil wawancara dan data awal yang didapat maka perlu adanya inovasi baru, sehingga peserta didik dapat dengan mudah memahami konsep fisika yang diajarkan oleh guru. Hal ini akan terwujud melalui bentuk pembelajaran alternatif yang dirancang sesuai dengan kondisi peserta didik sehingga mencerminkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran yang guru berikan dengan menggunakan metode pictorial ridlle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode pictorial ridlle terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Adiluwih pada materi IPA pesawat sederhana. Pictorial Ridlle merupakan metode untuk mengembangkan aktivitas peserta didik dalam diskusi kelompok kecil maupun besar, melalui penyajian masalah yang disajikan dalam bentuk ilustrasi. Suatu ridlle biasanya berupa gambar di papan tulis, papan poster, atau maupun diproyeksikan dalam bentuk transparansi, kemudian guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan ridlle. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design yaitu jenis eksperimen mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak berfungsi sepenuhnya untuk variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berupa pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian didapat nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 76,06 dan tes akhir kelas kontrol 62,58. Data tersebut kemudian diujihipotesiskan dengan menggunakan rumus uji-t, dari nilai tes akhir menunjukkan bahwa t hitung = 4,60 lebih besar ttabel(0,05) = 1,66 sehingga thitung ≥ ttabel . Jadi dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, artinya terdapat pengaruh metode pictorial ridlle terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Adiluwih 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:38
Last Modified: 21 Mar 2017 01:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/432

Actions (login required)

View Item View Item