PENGARUH KOMIK BERBASIS LCDS TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN TERHADAP MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ALAM SEMESTA

Aulia, Farah (2018) PENGARUH KOMIK BERBASIS LCDS TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN TERHADAP MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ALAM SEMESTA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (72MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh penggunaan komik berbasis LCDS terintegrasi nilai-nilai keislaman terhadap miskonsepsi siswa pada materi alam semesta. Penelitian dilakukan di SMP IT AR-RAIHAN Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Poor Eksperimen. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Ranndom Sampling dengan kelas VII A sebagai kelas eksperimen, Dan Simple Random Sampling untuk kelompok peserta didik yang mengalami miskonsepsi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berupa pilihan jamak dengan metode three tier test dan non tes berupa angket untuk kelayakan produk. Berdasarkan hasil penelitian yang dihitung dengan uji non parametric berupa uji Mann whithney. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan komik berbasis LCDS terintegrasi nilai-nilai keislaman terhadap miskonsepsi diperoleh nilai rata-rata pretest 44,9 dan nilai rata-rata posttest 19,04, sedangkan hasil belajar nilai rata-rata pretest 43 dan nilai rata-rata posttest75,83. Uji hipotesis tingkat miskonsepsi ditemukan nilai sig 2-tailed 0,00. Karena nilai sig < 0,05, artinya H0 ditolak H1 diterima, maka dapat disimpulkan pengugunaan komik berbasis LCDS terintegrasi nilai-nilai keislaman berpengaruh signifikan terhadap miskonsepsi siswa kelas VII pada materi alam semesta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Aug 2018 08:19
Last Modified: 27 Aug 2018 08:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4318

Actions (login required)

View Item View Item