PENERAPAN ANIMASI POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK MTs. NEGERI 2 GUNUNGREJO PESAWARAN TAHUN AJARAN 2018

Ridwan, R (2018) PENERAPAN ANIMASI POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK MTs. NEGERI 2 GUNUNGREJO PESAWARAN TAHUN AJARAN 2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf fiks.pdf]
Preview
PDF
Download (12MB) | Preview

Abstract

Media merupakansalahsatuunsur yang amatpentingdalampelaksanaan prosespembelajaran. Dalam hal ini penggunaan media animasi power point dapat menggugah ke ingintahuan peserta didik dalam belajar.Pembelajara di MTs Negeri 1 yang hanya mengandalkan penyimakan, mencatat, dan mengerjakan tugas justru mengakibatkan hasil ujian tengah semester (uts) masih rendah. Tujuan peneitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan media animasi power point dapat meningkatkan hasil belajar fisika di MTs. Negeri 1 Gunungrejo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Subjek penelitian peserta didik kelasVII D MTs Negeri Gunungrejo dengan jumlah peserta didik sebanyak 33 Peserta didik Proses penelitiandilakukandalamduasiklus. PelaksanaansiklusIyangterdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Dan pelaksanaan siklus II sama dengan siklus I yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan metode observasi secara langsung pada saat pembelajaran, wawancara terhadap pengajar, dan pengambilan nilai pada tiap akhir siklus. Pengolahan data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari pengolahan data digunakan untuk menggambarkan ketercapaian tindakan peningkatan pembelajaran peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian siklus Iketuntasanbelajarmencapai27,27%, pada siklus II ketuntasan belajar telah mencapai 84,85% telah mencapai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Dari hasilpenelitian yang diperolehberartiterdapatpeningkatandarisiklusIkesiklusIIdenganketuntasan 20 % dan rata-rata sebesar 4,98.Dari hasilpenelitianini, penelitidapat menyimpulkandenganpenerapan model pembelajaranAnimasi powerpointdapatmeningkatkanpemahamanbelajarpesertadidikkelas VII DpadapembelajaranFisika di MTsNGunungRejo Way Lima Pesawaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:02
Last Modified: 27 Aug 2018 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4312

Actions (login required)

View Item View Item