PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 TENTANG SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA KELAS X SMA

Maharani, Putri (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 TENTANG SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra observasi yang dilakukan, penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik masih kurang optimal, sehingga menyebabkan peserta didik merasa bosan dan jenuh. Guru lebih memilih menggunakan metode ceramah dan peserta didik hanya menerima materi yang disampaikan oleh guru, dan disekolah terdapat fasilitas LCD yang sudah terpasang disetiap kelas yang pemanfaatan sebagai media pembelajarannya masih kurang. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang dapat digunakan didalam maupun luar kelas dengan menggunakan laptop yang dibuat secara menarik, sehingga pengguna merasa senang untuk memahami pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif menggunakan construct 2, untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan dan untuk mengetahui respon guru maupun peserta didik terhadap penggunaan multimedia interaktif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and-development) dengan menggunakan prosedur Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung, SMA Negeri 13 Bandar Lampung, MAN 1 Lampung Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, dokumentasi dan angket. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kelayakan media dan untuk mengetahui respon peserta didik yaitu menggunakan skala Likert dengan lima penilaian disusun dalam bentuk checklist. Berdasarkan hasil validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli guru dan respon peserta didik. Hasil validasi ahli materi mencapai kategori sangat layak yaitu dengan persentase 81%, persentase yang dicapai ahli media 94% dengan kategori sangat layak, validasi juga dilakukan oleh guru dengan persentase 77% dengan kategori layak. Kemudian multimedia interaktif menggunakan construct 2 di uji coba melalui dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil rata-rata yang diperoleh yaitu 83,6% untuk uji coba kelompok kecil, lalu untuk uji coba lapangan di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung 85%, untuk di SMA Negeri 13 Bandar Lampung 84%, dan untuk di MAN 1 Lampung Tengah 84%, sehingga dari ketiga sekolah tersebut diperoleh rata-rata 85,7% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 15 Aug 2018 06:46
Last Modified: 15 Aug 2018 06:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4274

Actions (login required)

View Item View Item