ANALISIS KATA GANTI (DHAMIR) DALAM SURAT AS-SAJDAH SERTA METODE PEMBELAJARANNYA

Niati, M (2017) ANALISIS KATA GANTI (DHAMIR) DALAM SURAT AS-SAJDAH SERTA METODE PEMBELAJARANNYA. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_HUSNIA.pdf]
Preview
PDF
Download (20MB) | Preview

Abstract

Kata Ganti (dhomir) terbagi menjadi tiga yaitu, pertama, dhomir muttashil yang berupa dhamir rafa‟ muttashil, dhamir nashab muttashil, dan dhamir jar muttashil. Kedua, dhomir munfashil yang berupa dhamir rafa‟ munfashil dan dhamir nasab munfashil. Lalu yang ketiga, dhomir mustatir yang berupa Dhamir mustatir wujuban dan Dhamir mustatir jawazan. Di dalam penelitian ini, penulis mengkaji tentang kedudukan dhomir dalam surat as-sajdah ayat 1-30 disertai dengan penjelasan tentang metode dan teknik-teknik yang digunakan dalam efektifitas pembelajaran dhomir. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kedudukan dhomir dalam surat as-sajdah ayat 1-30 serta metode pembelajarannya yang efektif dengan rumusan masalah: “Bagaimanakah kedudukan dhomir dalam surat as-sajdah ayat 1-30 dan bagaimanakah metode pembelajarannya?”. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab persoalan tersebut melalui studi pustaka (Library research) terhadap sumber-sumber primer dan sekunder yang berkaitan dengan masalah dhomir dan metode pembelajarannya. Peneliian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research), dengan menggunakan analisis ini (content analysis) untuk manganalisa datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kata ganti (dhomir) yang terdapat dalam surat as-sajdah ayat 1-30 ini terdiri dari dhomir muttashil, dhomir munfashil dan dhomir mustatir. Sedangkan metode pembelajaran efektif yang dapat digunakan dalam pembelajaran kata ganti (dhomir) adalah metode Qawaid wa Tarjamah dengan menggunakan pendekatan seperti pendekatan manusiawi, pendekatan berbasis media, atau pendekatan komunikatif. Serta berbagai teknik pembelajaran Qawaid seperti: Muqarat al-Nash, Team Quiz, Tahlil al-Akhta‟, Musykilat al-Thullab, dan pemberian latihan atau drill.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 17 Mar 2017 01:22
Last Modified: 17 Mar 2017 01:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item View Item