PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGAPRESIASI CERITA ANAK PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD/MI

WARDANA, ANDI (2018) PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGAPRESIASI CERITA ANAK PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (64MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi belum dikembangkanya komik sebagai media pembelajaran untuk mengapreasiasi cerita anak pelajaran Bahasa Indonesia. MIN 10 Bandar Lampung dan SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung dalam proses pembelajaran sudah menggunakan media pembelajaran tetapi belum menggunakan media yang bervariatif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk media pembelajaran komik materi cerita anak pelajaran Bahasa Indonesia. Media pembelajaran komik dibuat untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar bagi pendidik dan peserta didik Dengan adanya komik cerita anak peserta didik lebih tertarik dan termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian dilakukan oleh penulis adalah Reseacrh and Development (R&D) dengan menggunakan model Brog & Gall yang dilakukan dengan tujuh tahap, yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan data, desain produk, validasi desain terdiri dari beberapa ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan pendidik, revisi desain, uji coba dilakukan uji coba skala kecil dan uji coba skala besar dan revisi produk. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik cerita anak memperoleh nilai dari ahli media 92,91% dengan kriteria sangat layak, memperoleh nilai dari ahli materi 87,87% dengan kriteria sangat layak, rata-rata penilaian pendidik memperoleh nilai 92,59% dan respon peserta didik pada tahap uji kelompok kecil memperoleh nilai sebesar 96,27% dan uji kelompok besar dari dua sekolah SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung memperoleh nilai 95,98 % dan MIN 10 Bandar Lampung 91,98% dengan kriteria sangat layak. Media pembelajaran komik cerita anak Bahasa Indonesia yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jul 2018 07:01
Last Modified: 13 Jul 2018 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3978

Actions (login required)

View Item View Item