Amalia, Fitri Ayu
(2018)
PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP PENGUASAAN
KOSA KATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK DIKELAS III A
MIN 2 BANDAR LAMPUNG.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, guru bahasa Arab di
kelas III A MIN 2 Bandar Lampung menggunakan metode yang berpusat pada guru.
Kegiatan yang dilakukan guru hanya menjelaskan materi dan memberikan latihan
sehingga pembelajaran terlihat monoton dan kurang menarik. Guru membacakan
mufradat dan kemudian peserta didik mengikuti dan memberikan latihan tentang
materi. Hal tersebut berdampak pada penguasaan kosa kata (mufradat) peserta didik
berdasarkan nilai pra siklus dari 27 peserta didik yang tuntas 6 orang (22,3%) dan
yang belum tuntas 21 orang (77,7%), dengan demikiandapat dikatakan bahwa
penguasaan kosa kata peserta didik masih rendah. Salah satu pemecahan masalah
yang berkaitan dengan pembelajaran kosa kata adalah penulis mencoba untuk
menerapkan metode Index Card Match yang diharapkan dapat meningkatkan minat
belajar dan penguasaan kosa kata peserta didik. Adapun rumusan masalah dari
penelitian ini adalah ”Apakah melalui penerapan metode Index Card Match dapat
meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab peserta didik kelas III A di MIN 2
Bandar Lampung?”.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosa kata
peserta didik melalui metode Index Card Match. Dan penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dirancang dalam dua
siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, interview, tes dan dokumentasi.
Teknik analisis data berupa analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan kosa kata peserta didik
meningkat setelah diterapkannya metode Index Card Match. Pada pra siklus
penguasaan kosa kata peserta didik yang tuntas berjumlah 6 orang (22,3%) sedangkan
yang tidak tuntas 21 orang (77,7%), pada siklus I mengalami peningkatan dari 27
peserta didik yang tuntas 11 orang (65%) dan yang tidak tuntas 16 orang (35%),
kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dari 27 peserta didik yang tuntas 22
orang (82%), yang belum tuntas 5 orang (18%). Dengan demikian dapat
diketahuihasil tes penguasaan kosa kata peserta didik kelas III A mengalami
peningkatan sebesar 52 %.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode Index Card Matchdapat meningkatkan penguasaan kosa kata
peserta didik kelas III A MIN 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018.
Actions (login required)
 |
View Item |