EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Herliantari, Hesti (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan jenjang SMP, salah satu mata pelajaran yang wajib diberikan adalah sains atau IPA Terpadu. Fisika adalah cabang dari ilmu pengetahuan alam (IPA). Melalui pembelajaran fisika, peserta didik akan menyadari dan menemukan berbagai gejala yang mengandung problem atau masalah yang perlu dipecahkan. Salah satu bentuk penyelesaian masalah membutuhkan kemampuan creative problem solving peserta didik. Oleh karena itu untuk mengembangkan kemampuan creative problem solving peserta didik pada pembelajaran fisika diperlukan penerapan model pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap kemampuan creative problem solving peserta didik pada pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen (quasy experimental research) dengan desain noneequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 24 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan berdasarkan kriteria tertentu dengan sampel kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal essay untuk mengukur kemampuan creative problem solving peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan model SSCS. Untuk mengetahui perbedaan kemampuan creative problem solving peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan uji independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan nilai sig sebesar 0,000 yang berarti sig < 0,05 sehingga Ha diterima atau terdapat perbedaan kemampuan creative problem solving peserta didik yang menggunakan model pembelajaran SSCS dan model pembelajaran langsung. Model pembelajaran SSCS lebih efektif terhadap kemampuan creative problem solving peserta didik. Keefektifan model SSCS diukur menggunakan effect size diperoleh sebesar 2,39 dan termasuk dalam kategori tinggi. Hasil lembar observasi keterlaksanaan model SSCS sebesar 90,79 % dalam kategori sangat baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) efektif terhadap kemampuan creative problem solving peserta didik. Kata kunci : Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS), Kemampuan Creative Problem Solving, Model SSCS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 04 Jun 2018 01:47
Last Modified: 04 Jun 2018 01:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3694

Actions (login required)

View Item View Item