PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA TIPE TRUE/FALSE PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN PADA SISWA SMA N 1 TANJUNG RAJA KELAS X

Andrian, Megi (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA TIPE TRUE/FALSE PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN PADA SISWA SMA N 1 TANJUNG RAJA KELAS X. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kualitas LKS fisika SMA dengan berbasis true/falsepada pokok bahasan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) (2) Mengetahui respon siswa terhadap LKS fisika SMA kelas X sebagai sumber belajar yang akan dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menurut Borg dan Gall. Yang meliputi potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain, perbaikan desain, uji coba, dan perbaikan desain. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kualitas LKS dan untuk mengetahui respon siswa yaitu menggunakan skala Likertdengan lima penilaian disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari ahli materi, ahli media, guru IPA fisika, dan siswa SMA. Hasil penelitian ini menghasilkan: (1) LKS fisika SMA kelas X berbasis true/false pada pokok bahasan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB), berdasarkan Hasil validasi ahli materi, media, dan penilaian guru terhadap kualitas LKS yang dikembangkan dengan persentase rata-rata secara berurutan, 79,11%, 86,66%, 65%,81,66%, dan 77,43%. (2) Kemudian memperoleh hasil penelitian berdasarkan penilaian oleh siswa (respon siswa) yang dikembangkan terhadap LKS yang di uji coba yaitu uji coba skala terbatas. Hasil rata-rata diperoleh yaitu 87,61% dilakukan di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Keywords: Pengembangan LKS, Berbasis true/false,Bahasan GLBB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Drs Elzondry Azly
Date Deposited: 14 May 2018 03:10
Last Modified: 14 May 2018 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3583

Actions (login required)

View Item View Item