STRATEGI PEMASARAN DALAM MEREKRUT CALON JAMAAH HAJI DAN UMRAH PADA PT AL SHAFWAH WISATA MANDIRI BANDAR LAMPUNG

VANY, ROZAUNA JABAT (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM MEREKRUT CALON JAMAAH HAJI DAN UMRAH PADA PT AL SHAFWAH WISATA MANDIRI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 135 _vany_rozauna_jabat .pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL vany rozauna jabat.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran merupakan proses penyusunan rencana terpadu dalam bidang pemasaran dengan memanfaatkan hasil analisis internal dan eksternal. Strategi pemasaran merupakan sebuah logika pemasaran yang diharapkan oleh suatu perusahaan untuk dapat menciptakan nilai pelanggan serta mencapai pada hubungan yang menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk yang diterapkan dalam merekrut calon jamaah haji dan umrah pada PT Al Shafwah Wisata Mandiri penelitian ini bersifat diskriptif, sedangkan pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan cara mencari data secara langsung di lapangan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Data primer yang berisi tentang hasil dari wawancara, observasi dari PT Al Shafwah Wisata Mandiri, sedangkan untuk data sekunder berupa data yang diperoleh dari literature dan buku-buku bacaan lainnya yang berhubungan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat di simpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Al Shafwah Wisata Mandiri dalam merekrut calon jamaah haji dan umrah dengan cara melibatkan para tokoh agama , sosialisasi, media cetak, media sosial (media non cetak) dan pelayanan. PT Al Shafwah Wisata Mandiri ini menggunakan bauran pemasaran (Marketing Mix) yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Dari ke 7 unsur bauran pemasaran yang digunakan lebih dominan menggunakan strategi promosi. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Haji, Umrah.ABSTRACT Marketing strategy is the process of preparing an integrated plan in the marketing sector by utilizing the results of internal and external analysis. Marketing strategy is a marketing logic that a company hopes to create customer value and achieve profitable relationships. This research aims to determine the product marketing strategy applied in recruiting prospective Hajj and Umrah pilgrims at PT Al Shafwah Wisata Mandiri. This research is descriptive in nature, while the approach used is a qualitative approach which is carried out by searching for data directly in the field. The data sources used in the research are primary data sources and secondary data sources. Primary data contains the results of interviews, observations from PT Al Shafwah Wisata Mandiri, while secondary data consists of data obtained from literature and other reading books related to research. Based on the results of the research and discussion, it can be concluded that the marketing strategy carried out by PT Al Shafwah Wisata Mandiri in recruiting prospective Hajj and Umrah pilgrims is by involving religious leaders, socializing, print media, social media and services. PT Al Shafwah Wisata Mandiri uses a marketing mix, namely product, price, place, promotion, people, process and physical evidence. Of the 7 elements of the marketing mix used, promotion strategies are more dominant. Keywords: Strategy, Marketing, Hajj, Umrah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2024 07:24
Last Modified: 16 Aug 2024 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34769

Actions (login required)

View Item View Item