PENGARUH LOKASI USAHA DAN KREATIVITAS PEMASARAN TERHADAP TINGKATPENDAPATAN PEDAGANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pedagang di Elephant Park atau Sekitar Lapangan Enggal )

MUHAMMAD, TAUFIK MAHENDRA (2024) PENGARUH LOKASI USAHA DAN KREATIVITAS PEMASARAN TERHADAP TINGKATPENDAPATAN PEDAGANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pedagang di Elephant Park atau Sekitar Lapangan Enggal ). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK TAUFIK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan ekonomi yang tinggi akan menunjukan sejauh mana aktivitas perekonomian dapat menghasilkan tambahan pendapatan masyarakat dalam periode tertentu. Pedagang kaki lima merupakan salah satu jenis pedagang dalam sektor informal yang merupakan suatu unit produksi dengan modal yang reatif kecil dengan jiwa wirausaha yang tinggi dan memiliki kegiatan pedagangyang bersifat kompleks. perdagangan dengan meningkatkan kreativitas pemasaran setiap produk yang mereka jual. Rumusan masalah pada penelitian ini Bagaimana pengaruh lokasi usaha terhadap pendapatan? Bagaimana pengaruh kreativitas terhadap pendapatan? Bagaimana pengaruh lokasi usaha dan kreativitas terhadap pendapatan pedagang saat pasca pandemic ? Bagaimana pandangan Ekonomi Islam mengenai lokasi usaha dan kreativitas terhadap tingkat pendapatan pedagang ? Adapun yang menjadi tujuan: Untuk mengetahui pengaruh lokasi usaha terhadap pendapatan. Untuk mengetahui pengaruh kreativitas terhadap pendapatan. Untuk mengetahui pengaruh lokasi usaha dan kreativitas terhadap pendapatan pedagang pasca pandemi. Untuk mengetahui pandangan ekonomi islam mengenai lokasi usaha dan kreativitas terhadap pendapatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan 50 responden. Tempat penelitian akan di laksanakan Taman Elephant Park atau Sekitar Lapangan Enggal. Metode pengumpulan data, kuisoner, observasi, analisis data menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian adalah Lokasi Usaha (X1) secara parsial dan signifikan berpengaruh terhadap tingkat pendapatan tingkat dengan (3,907 > 2,012), atau sig,<a (0,00 < 0.05). Kreativitas (X2) secara parsial dan signifikan berpengaruh terhadap pendapatan dengan (2,637 > 2,012), atau sig,<a (0,020 < 0.05). Lokasi Usaha, Kreativitas terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang kaki lima pasca pandemi secara simulta berpengaruh dibuktikan dengan uji ANOVA atau (9,309 > 3,19) dan besarnya sig 0,00 < 0,05. Menurut al-Ghazali tujuan hidup seorang muslim adalah untuk menggapai keridhaan Allah di dunia dan mencapai keselamatan di akhirat. Sedangkan salah satu sarana dan media untuk mencapai tujuan tersebut adalah harta yang halal dan kegiatan ekonomi salah satunya adalah pedagangan. Kata kunci : Lokasi Usaha, Kreativitas dan Tingkat Pendapatan. ABSTRACT High economic growth will show the extent to which economic activity can generate additional community income in a certain period. Street vendors are one type of trader in the informal sector which is a production unit with relatively small capital with a high entrepreneurial spirit and has complex trading activities. trade by increasing marketing creativity for each product they sell. Formulation of the problem in this research. How does business location influence income? How does creativity affect income? How does business location and creativity affect traders' income post�pandemic? What is the Islamic Economics view regarding business location and creativity on traders' income levels? The objective is: To determine the effect of business location on income. To find out the effect of creativity on income. To determine the influence of business location and creativity on traders' income after the pandemic. To find out the Islamic economic view regarding business location and creativity on income. This research uses quantitative research methods with 50 respondents. The research location will be Elephant Park or around Enggal Field. Data collection methods, questionnaires, observationsi, data analysis use SPSS versi 26. The results of the research are that business location (X1) partially and significantly influences the level of income with (3.907 > 2.012), or sig, <a (0.00 < 0.05). Creativity (X2) partially and significantly influences income with (2.637 > 2.012), or sig, <a (0.020 < 0.05). Business Location, Creativity on Street Vendors' Income Levels post-pandemic simultaneously have an influence as proven by the ANOVA test or (9.309 > 3.19) and the magnitude is sig 0.00 < 0.05. According to al-Ghazali, the goal of a Muslim's life is to achieve Allah's pleasure in the world and achieve salvation in the afterlife. Meanwhile, one of the means and media to achieve this goal is halal property and one of the economic activities is trading. Keywords: Business Location, Creativity and Income Level.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:59
Last Modified: 08 Aug 2024 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34515

Actions (login required)

View Item View Item