PENGARUH CITRA LEMBAGA, ATRIBUT PRODUK DAN PEMASARAN SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN BERZAKAT

DEWI, ARNUM SARI (2024) PENGARUH CITRA LEMBAGA, ATRIBUT PRODUK DAN PEMASARAN SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN BERZAKAT. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI DEWI ARNUM SARI.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK BAZNAS adalah badan resmi dan dibentuk yang berwenang untuk mengelola zakat secara nasional. Dalam penelitian ini peneliti membahas mengenai jumlah meningkatnya orang dalam berzakat dalam waktu 5 tahun terakhir, dengan melihat aspek dari citra lembaga, atribut produk dan pemasaran media sosial, seiring dengan peningkatan jumlah Muzaki dipengaruhi oleh banyaknya follower yang di pasarkan lewat sosial media instagram BAZNAS Bandar Lampung. Rumusan penelitian ini adalah apakah citra lembaga, atribut produk dan pemasaran sosial media berpengaruh secara parsial terhadap keputusan berzakat dalam perspektif Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan dalam penelitian tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan penelitian kepustakaan (library research). Populasi penelitian ini adalah para Penderma BAZNAS Bandar Lampungberjumlah 13.075, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dihasilkan 388 responden, untuk pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan aplikasi pengolahan data SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel citra lembaga, atribut produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Berzakat (Studi pada BAZNAS Bandar Lampung). Secara simultan citra lembaga, atribut produk, dan pemasaran sosial media bersama-sama mempengaruhi keputusan berzakat. Dalam perspektif Islam memandang bahwa Islam menyebutkan bahwa zakat salah satu rukun Islam dan juga menjadi kewajiban bagi ummat Islam dalam rangka pelaksanaan dua kalimat syahadat. Kata Kunci: Muzaki,Citra Lembaga, Atribut, Pemasaran Sosial Media. ABSTRACT BAZNAS is an official and established body authorized to manage zakat nationally. In this study, researchers discussed the increasing number of people giving zakat in the last 5 years, by looking at aspects of the image of the institution, product attributes and social media marketing, along with the increase in the number of Muzaki influenced by the number of followers marketed through social media instagram BAZNAS Bandar Lampung. The formulation of this research is whether the image of the institution, product attributes and social media marketing partially affect the decision to give zakat in an Islamic perspective. The purpose of this research is to find out the problems in the study. This research uses quantitative research methods, with the type of field research (Field Research) and library research. The population of this study was the donors of BAZNAS Bandar Lampung totaling 13,075, with the sampling technique using the slovin formula resulting in 388 respondents, for data collection using observation, questionnaires, and documentation. This study uses the SPSS version 25 data processing application. The results of this study indicate that partially the variables of institutional image, product attributes have a positive and significant effect on the decision to give zakat (Study at BAZNAS Bandar Lampung). Simultaneously the image of the institution, product attributes, and social media marketing together influence the decision to donate. In an Islamic perspective, Islam states that zakat is one of the pillars of Islam and is also an obligation for Muslims in the context of implementing the two sentences of the creed. Keywords: Muzaki, Institutional Image, Attributes, Social Media Marketing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:53
Last Modified: 26 Jul 2024 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34161

Actions (login required)

View Item View Item