ANALISIS KETERAMPILAN ABAD 21 PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UIN RADEN INTAN LAMPUNG

DINA, AZIZAH (2024) ANALISIS KETERAMPILAN ABAD 21 PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1&2+DAPUS.pdf] PDF
Download (13MB)
[thumbnail of FULL SKIRPSI  DINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena digital pada abad ke-21 mempengaruhi kemajuan dalam bidang pendidikan yang mengacu pada teknologi digital, dan memberikan pengaruh pada karakteristik pendidik, peserta didik, serta pengembangan pembelajaran saat ini. Oleh karena itu, perlunya untuk mempersiapkan pendidikan yang berkualitas demi meningkatkan Sumber Daya Manusia yang unggul. Pengetahuan telah menjadi penting di abad ke-21 dan diperlukan oleh banyak orang untuk dapat bekerja di era yang disebut keterampilan abad ke-21. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis keterampilan abad 21 pada profil kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Mahasiwa Pendidikan Fisika UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2019 dengan jumlah 52 Mahasiswa yang dipilih secara purposive sampling. Aspek keterampilan abad 21 yang digunakan yaitu kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah serta setiap aspeknya terdiri dari 3 kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode soal tes, angket dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan keterampilan abad 21 Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Raden Intan Lampung masih menunjukkan hasil rendah. Hasil ini ditunjukkan dari kemampuan berpikir kritis mahasiswa memperoleh persentase 59,98% dengan kategori rendah, kemampuan berpikir kreatif mahasiswa memperoleh persentase 47,38 % dengan kategori rendah, dan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa memperoleh persentase 36,15% dengan kategori rendah. Kata Kunci : Keterampilan Abad 21, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Pemecahan Masalah. iv ABSTRACT The digital phenomenon in the 21st century affects progress in the field of education that refers to digital technology, and has an influence on the characteristics of educators, students, and the development of learning today. Therefore, it is necessary to prepare quality education in order to improve superior human resources. Knowledge has become important in the 21st century and is required by many people to be able to work in an era called 21st century skills. This research was conducted to analyze the 21st century skills of students and aims to describe the profile of critical thinking ability, creative thinking ability and problem solving ability of Physics Education Study Program Students of UIN Raden Intan Lampung. This research is a qualitative descriptive research. The research subjects were Physics Education Students of UIN Raden Intan Lampung Class of 2019 with a total of 52 students selected by purposive sampling. The aspects of 21st century skills used are critical thinking ability, creative thinking ability and problem solving ability and each aspect consists of 3 categories, namely high, medium and low. The data collection technique uses the method of test questions, questionnaires and interviews. The data analysis technique consists of data reduction, data presentation and conclusion drawing. While the data validity test uses triangulation. The results showed that overall the 21st century skills of Physics Education Students of UIN Raden Intan Lampung still showed low results. These results are shown from students' critical thinking skills obtained a percentage of 59.98% with a low category, students' creative thinking skills obtained a percentage of 47.38% with a low category, and students' creative thinking skills obtained a percentage of 36.15% with a low category. Keywords: 21st Century Skills, Critical Thinking, Creative Thinking, Problem Solving.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2024 09:16
Last Modified: 24 Jul 2024 09:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34129

Actions (login required)

View Item View Item