HOME INDUSTRY RUMAH KUE AMOR DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DI KELURAHAN GEDONG AIR KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT KOTA BANDAR LAMPUNG

Muhamad, Andri Yansah (2024) HOME INDUSTRY RUMAH KUE AMOR DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DI KELURAHAN GEDONG AIR KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ANDRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan ekonomi adalah suatu usaha bersama dan terencana untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dalam bidang ekonomi dan mendayagunakan kemampuan life skill (keahlian hidup) yang dimiliki oleh masyarakat. Diantara usaha home industry dan berperan dalam pengembangan ekonomi masyarakat adalah Home Industry Rumah Kue Amor yang ada di Kelurahan Gedong Air Kecamatan Tanjung Karang Barat Kota Bandar Lampung. Hal tersebut yang menjadi alasan serta dirasakan oleh para pengusaha home industry Rumah Kue Amor di Kelurahan Gedong Air, karena sebelum membuka usaha home industry ini, mereka adalah pekerja serabutan, atau tidak tetap. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagimana pengembangan ekonomi masyarakat melalui home industry rumah kue amor di Kelurahan Gedong Air? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengembangan ekonomi masyarakat Kelurahan Gedong air melalui home industry rumah kue amor di Kelurahan Gedong Air. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan, penelitian ini bersifat deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data�data. Metode pengumpulan data, wawancara, observasi dan dokumentasi dan teknik analisa data data hasil interview, dokumentasi dan observasi wawancara maupun interview analisa dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif tehnik pengolahan data yang terkumpul melalui interview. Berdasarkan hasil dapat ditarik sebuah kesimpulan yaitu Pengembangan kapasitas masyarakat seperti memberikan pelatihan kepada masyarakat di Kelurahan Gedong Air. Adapun pelatihan yang diberikan oleh Ibu Yanti yaitu pelatihan dalam pembuatan kue dari proses memilih bahan yang bagus, pelatihan menghias kue dan pelatihan pengemasan kue, serta dilatih juga dalam pengoprasian alat atau mesin. Tujuan diberikan pelatihan ini agar masyarakat dapat mempraktekkan di rumah masing�masing dan mengembangkannya sebagai usaha rumahan untuk menambah penghasilan dan tujuan akhirnya adalah untuk mengembangkan ekonomi. Kegiatan pelatihan juga sebagai inkubasi bisnis untuk mengembangkan ekonomi masyarakat di Kelurahan Gedong Air. Pelatihan yang diberikan oleh Ibu Yanti berdampak pada peserta, yaitu bisa membuka usaha kue rumahan meskipun belum memiliki brand sendiri serta bisa meningkatkan pendapatan ekonomi. Pemasaran produk dilakukan dengan menitipkan kue di warung serta memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi kue. Kata Kunci : Home industry, Rumah Kue Amor, Pengembangan Ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:55
Last Modified: 24 Jul 2024 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34105

Actions (login required)

View Item View Item