PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CRITICAL�COLLABORATIVE LEARNING MODEL(CCLM) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP PADA MATERIPEMANASAN GLOBAL

OKTARINA, WULANTIKA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CRITICAL�COLLABORATIVE LEARNING MODEL(CCLM) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP PADA MATERIPEMANASAN GLOBAL. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK OKTARINA WULANTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Literasi sains merupakan kemampuan seseorang dalam memahami sains, mengkomunikasikan sains dan menerapkan pengetahuan sains yang dimiliki untuk memecahkan masalah, sehingga dapat meningkatkan sikap dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Critical-Collaborative Learning Model (CCLM) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik SMP pada materi pemanasan global. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasy�Eksperiment. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII dengan instrumen pengumpulan data berbentuk tes berupa butir soal pilihan ganda untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling sehingga bisa terpilih dua kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VII.1 dan VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menghasilkan data rata-rata pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu 76,58% dan 69,69%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini dengan menggunakan model pembelajaran Critical-Collaborative Learning Model (CCLM) berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Kata Kunci: Critical-Collaborative Learning Model, Literasi Sains iii ABSTRACT Scientific literacy is a person's ability to understand science, communicate science and apply scientific knowledge to solve problems, so as to improve attitudes and sensitivity towards the surrounding environment. This research aims to determine the influence of the Critical-Collaborative Learning Model (CCLM) learning model on junior high school students' scientific literacy abilities on global warming material. The research method used is quantitative research using the Quasy-Experiment method. The subjects in the research were Grade VII Middle School (SMP) students with data collection instruments in the form of tests in the form of multiple choice questions to measure students' scientific literacy abilities. The sampling technique used was Cluster Random Sampling so that two classes could be selected as samples, namely classes VII.1 and VII.2 as the experimental class and the control class. This research produced average data in the experimental class that was greater than the control class, namely 76.58% and 69.69%. So it can be concluded that the results of this research using the Critical�Collaborative Learning Model (CCLM) learning model have an effect on students' scientific literacy abilities. Keywords: Critical-Collaborative Learning Model, Scientific Literacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jul 2024 04:15
Last Modified: 19 Jul 2024 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34021

Actions (login required)

View Item View Item