PENGARUH PENDAPATAN DAN JUMLAH TANGGUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MASYARAKAT LAMPUNG MENJADI PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) DENGAN MENGGUNAKAN MOTIVASI BEKERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada PT. Tri Tunggal Nuansa Primatama Cabang Lampung)

DITA, FITRIA (2024) PENGARUH PENDAPATAN DAN JUMLAH TANGGUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MASYARAKAT LAMPUNG MENJADI PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) DENGAN MENGGUNAKAN MOTIVASI BEKERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada PT. Tri Tunggal Nuansa Primatama Cabang Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI (Cover - Bab I - II & Dapus).pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Provinsi Lampung merupakan provinsi yang memiliki tingkat partisipasi kerja yang cukup tinggi. Pertambahan jumlah penduduk yang tidak seimbang dengan lapangan pekerjaan yang ada di masyarakat Lampung merupakan masalah sosial yang menjadi perhatian publik saat ini, ketidakseimbangan yang terjadi antara pertumbuhan angkatan kerja dan penciptaan lapangan kerja sudah pasti menyebabkan tingginya angka pengangguran yang tinggi. Sebagai suatu negara dengan tingkat pertumbuhan penduduk dan tingkat pengangguran yang tinggi, maka dengan melakukan migrasi ke luar menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif dengan jumlah sampel 100 responden. Penggunaan face validity (diskusi dengan ahli) dan convergent v (melihat factor loading) ≥ 0.6 sebagai uji validitas. Penggunaan nilai Cronbanch‟s Alpha dan Composite Re alidity liability > 0.6 sebagai uji reliabilitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan bantuan alat statistik Structuran Equation Modelling (SEM) berbasis Partial Least Square versi 4. Hasil penelitian menunjukan pendapatan sebelum menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) berpengaruh negatif signifikan terhadap minat menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI), Jumlah tanggungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI), Pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi bekerja, Jumlah tanggungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi bekerja, Motivasi bekerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI), Hasil uji mediasi mendapatkan hasil motivasi bekerja dapat memediasi secara siginifikan antara pendapatan dan jumlah tanggungan keluarga terhadap minat menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI). Kata kunci: Pendapatan, Jumlah Tanggungan Keluarga, Minat menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI), Motivasi Bekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:47
Last Modified: 19 Jul 2024 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34008

Actions (login required)

View Item View Item