PENGARUH PENGALAMAN USAHA DAN STRATEGI PROMOSI VIRAL TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL DI TINJAU DARI PERSPEKTIF BISNIS ISLAM ( Studi Pada Usaha Mikro Kecil Kuliner Di Kota Bandar Lampung )

Ari, Muhamad Rijki (2024) PENGARUH PENGALAMAN USAHA DAN STRATEGI PROMOSI VIRAL TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL DI TINJAU DARI PERSPEKTIF BISNIS ISLAM ( Studi Pada Usaha Mikro Kecil Kuliner Di Kota Bandar Lampung ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI  ARI MUHAMMAD FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak nya food vlogger yang secara tidak langsung membantu memasarkan produk UMKM melalui konten-konten di media social nya seperti tiktok dan Instagram. Banyak nya konten creator yang membuat viral suatu produk membuat banyak orang yang masih pemula berlomba-lomba menciptakan produk yang sedang viral tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Banyak juga usaha yang mereka lakukan ini memperoleh hasil cukup maksimal dalam penjualan produk nya, walaupun mereka masih pemula dan minim pengalaman. Namun tidak sedikit juga yang mengalami kesulitan dalam penjualan nya dikarenakan masih minim pengalaman dalam kegiatan berbisnis. Rumusan Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah pengalaman usaha dan strategi promosi viral berpengaruh terhadap peningkatan penjualan serta pandangan nya menurut perspektif bisnis islam. Penelitian ini bertujuan untuk memahami apakah pengalaman usaha dan strategi promosi viral berpengaruh terhadap peningkatan penjualan serta pandangan nya menurut perspektif bisnis islam. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dengan pendekatan Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dan penyebaran kuisioner kepada pelaku usaha mikro kecil di kota Bandar Lampung. Untuk pengolahan data yang sudah terkumpul pada penelitian ini menggunakan program SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan pengalaman usaha berpengaruh negative signifikan terhadap peningkatan penjualan. Kemudian strategi promosi viral berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan. Terakhir pengalaman usaha dan strategi promosi viral berengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan. Dalam perspektif bisnis islam pengalaman usaha dan strategi promosi viral menerapkan nilai kejujuran dan amanah dalam berbisnis. Kata Kunci : Pengalaman Usaha, Strategi Promosi Viral, Peningkatan Penjualan, Bisnis Islam IV ABTRACT This research is motivated by the large number of food vloggers who indirectly help market MSME products through content on social media such as TikTok and Instagram. The large number of content creators who make a product go viral means that many people who are still beginners compete to create products that are going viral to make a profit. Many of the businesses they undertake have achieved maximum results in selling their products, even though they are still beginners and have minimal experience. However, quite a few also experience difficulties in selling because they still lack experience in business activities. The problem formulation in this research is whether business experience and viral promotion strategies have an effect on increasing sales and their views from an Islamic business perspective. This research aims to understand whether business experience and viral promotion strategies have an effect on increasing sales and their views from an Islamic business perspective. This research is a descriptive research type with a research approach using quantitative methods. The data used in this research are primary and secondary data. The data collection technique in this research uses literature study and distributing questionnaires to micro and small business actors in the city of Bandar Lampung. To process the data collected in this research using the SPSS Version 25 program. The research results show that business experience has a significant negative effect on increasing sales. Then the viral promotion strategy has a positive and significant effect on increasing sales. Lastly, business experience and viral promotion strategies have a positive and significant influence on increasing sales. From an Islamic business perspective, business experience and viral promotion strategies apply the values of honesty and trust in business. Keywords: Business Experience, Viral Promotion Strategy, Increased Sales, Islamic Business

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:03
Last Modified: 11 Jul 2024 09:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33881

Actions (login required)

View Item View Item