PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

WANDA, SAPUTRA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI WANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran BBL berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Experimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A, B, C dan D SMPN 1 Tanjung Bintang tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini mengguanakan cluster random sampling yaitu sebanyak tiga kelas, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran BBL berbantuan video pembelajaran, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran BBL, dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes bentuk uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis dan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini mengunakan uji manova. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran BBL berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan menggunakan MANOVA di peroleh tingkat signifikansi 0,000 dan nilai kriteria uji = 0,05 yang berarti p-value sehingga ditolak dan diterima. Kata Kunci : Model Pembelajaran BBL, Video Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:03
Last Modified: 11 Jul 2024 05:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33870

Actions (login required)

View Item View Item