PENGARUH PROMOSI DAN POTONGAN HARGA BERBASIS PEMBAYARAN DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT GATEWAY (Studi Pada Masyarakat Bandar Lampung)

Rindy, Aprilia (2024) PENGARUH PROMOSI DAN POTONGAN HARGA BERBASIS PEMBAYARAN DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT GATEWAY (Studi Pada Masyarakat Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RINDY APRILIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena yang terjadi saat ini adalah tingginya biaya promosi sehingga membuat para pebisnis berusaha untuk mencari alternatif lain dalam melakukan promosi yang lebih efektif dan efisien. Maka dari itu, salah satu cara promosi yang efektif di era digital saat ini salah satunya adalah melalui pengguna digital payment gateway. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain (1) Bagaimana pengaruh promosi terhadap keputusan penggunaan Payment Gateway pada?, (2) Bagaimana pengaruh potongan harga terhadap keputusan penggunaan Payment Gateway pada?, (3) Bagaimana pengaruh promosi dan potongan harga terhadap keputusan penggunaan Payment Gateway?, (4) Bagaimana promosi dan potongan harga terhadap keputusan penggunaan Payment Gateway menurut perspektif ekonomi Islam? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, menggunakan penelitian lapangan (field research). Adapun populasi dalam penelitan ini adalah masyarakat Bandar Lampung pengguna digital payment gateway. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang didapat melalui perhitungan rumus lemeshow. Teknik analisis data menggunakan SPSS 29. Hasil penelitian ini ialah promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan digital payment gateway masyarakat Kota Bandar Lampung yang dibuktikan dari hasil uji t sebesar 8,069 > 1,984. Sedangkan potongan harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan digital payment gateway masyarakat Kota Bandar Lampung yang dibuktikan dari hasil uji t sebesar 3,621 > 1,984. Selanjutnya, Promosi dan potongan harga secara simultan bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependen keputusan penggunaan digital payment gateway masyarakat Kota Bandar Lampung. yang dibuktikan dari hasil uji f diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y adalah sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 202,537 > Ftabel 3,09. Dalam perspektif ekonomi islam. Promosi dan potongan harga terhadap keputusan penggunaan digital payment gateway masyarakat kota Bandar Lampung sudah mematuhi prinsip-prinsip syariah islam. Kata Kunci : Promosi, Potongan Harga, Digital Payment Gateway. ABSTRACT The phenomenon that is happening today is the high cost of promotion, so that businessmen are trying to find other alternatives in doing promotions that are more effective and efficient. Therefore, one of the effective ways of promotion in today's digital era is through digital payment gateway users. The formulation of the problems in this study includes (1) How does promotion affect the decision to use Payment Gateway on?, (2) How does the discount affect the decision to use Payment Gateway on?, (3) How does promotion and discount affect the decision to use Payment Gateway?, (4) How does promotion and discount affect the decision to use Payment Gateway from the perspective of Islamic economics? This study uses a quantitative method, using field research. The population in this research is the people of Bandar Lampung who use digital payment gateways. The number of samples in this study was 100 respondents obtained through the calculation of the Lemeshow formula. Data analysis techniques using SPSS 29. The results of this study are that promotion has a significant effect on the decision to use digital payment gateways for the people of Bandar Lampung City, as evidenced by the results of the t-test of 8,069 > 1,984. Meanwhile, the discount has a significant effect on the decision to use the digital payment gateway of the people of Bandar Lampung City, as evidenced by the results of the t-test of 3,621 > 1,984. Furthermore, promotions and discounts simultaneously affect the dependent variables of the decision to use digital payment gateways for the people of Bandar Lampung City. as evidenced by the results of the F test, it is known that the significance value for the influence of X1 and X2 together on Y is 0.001 < 0.05 and the Fcal value is 202.537 > Ftable 3.09. In the perspective of Islamic economics. Promotions and discounts on the decision to use digital payment gateways for the people of Bandar Lampung city have complied with Islamic sharia principles. Keywords: Promotion, Discount, Digital Payment Gateway.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:36
Last Modified: 09 Jul 2024 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33823

Actions (login required)

View Item View Item