ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN DIGITAL TOURISM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Wisata Kelawi, Dusun Minangrua Kec. Bakauheni Lampung Selatan)

Putri, Rahmawati (2024) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN DIGITAL TOURISM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Wisata Kelawi, Dusun Minangrua Kec. Bakauheni Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam pembahasan masalah mengenai strategi pengembangan digital tourism di Desa Wisata Kelawi mencakup berbagai aspek, seperti infrastruktur teknologi, konten promosi yang menarik, strategi pemasaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan digital tourism dalam media promosi. Untuk mengetahui bagaimana Implementasi pengembangan digital tourism sebagai media promosi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Untuk mengetahui bagaimana digital tourism dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Desa Wisata Kelawi dalam perspektif bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan kualitatif. Jumlah sempel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 Wisatawan Desa wisata Kelawi dan 4 Pengelola Desa wisata Kelawi yang dijadikan responden. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisis SWOT yaitu Analisis yang didasarkan pada hubungan atau interaksi antara unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan, terhadap unsurunsur eksternal yaitu peluang dan ancaman. Dari hasil analisis SWOT menyatakan bahwa Desa Wisata Kelawi Minangrua Kecamatan Bakauheni Lampung Selatan berada pada posisi kuadran 1 (Agresif) yang mana menunjukan bahwa Desa wisata memiliki kekuatan dari faktor internalnya dan memiliki peluang yang bagus dari faktor eksternalnya. Implementasi strategi yang telah di terapkan di Desa Wisata Kelawi yaitu dengan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi wisata, pembangunan Website untuk menyajikan konten visual yang menarik, seperti foto dan video, yang dapat membantu membangun daya tarik destinasi dan memikat minat wisatawan potensial. dalam perspektif bisnis Islam dapat dipandang sebagai upaya untuk menghadirkan pelayanan yang sesuai dengan prinsip-prinsip ajaran Islam. Dengan cara menggunakan pemasaran yang tepat sasaran.Pemasaran yang tepat sasaran dalam bisnis Islam juga melibatkan komunikasi yang jujur dan transparan mengenai informasi perjalanan, harga, dan fasilitas yang disediakan. Kata Kunci: Pengembangan Digital Tourism, Media Promosi, Kunjungan wisatawan. ABSTRACT In discussing the problem regarding digital tourism development strategies in the Kelawi Tourism Village, it covers various aspects, such as technological infrastructure, attractive promotional content, online marketing strategies. This research aims to determine the strategy for developing digital tourism in promotional media. To find out how to implement digital tourism development as a promotional medium to increase tourist visits. To find out how digital tourism can increase tourist visits to the Kelawi Tourism Village from an Islamic business perspective. This research uses descriptive and qualitative research methods. The number of samples used in this research was 20 Kelawi tourist village tourists and 4 Kelawi tourist village managers who were used as respondents. The analysis technique used in this research is SWOT analysis, namely analysis based on the relationship or interaction between internal elements, namely strengths and weaknesses, and external elements, namely opportunities and threats. From the results of the SWOT analysis, it is stated that the Kelawi Minangrua Tourism Village, Bakauheni District, South Lampung is in quadrant 1 (Aggressive) position, which shows that the tourist village has strengths from its internal factors and has good opportunities from its external factors. The implementation of the strategy that has been implemented in the Kelawi Tourism Village is by utilizing social media as a tourism promotion medium, building a website to present interesting visual content, such as photos and videos, which can help build the attractiveness of the destination and attract the interest of potential tourists. In an Islamic business perspective, it can be seen as an effort to provide services that are in accordance with the principles of Islamic teachings. By using targeted marketing. Targeted marketing in Islamic business also involves honest and transparent communication regarding travel information, prices and facilities provided. Keywords: Digital Tourism Development, Promotional Media, Tourist Visits.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2024 02:32
Last Modified: 21 Jun 2024 02:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33641

Actions (login required)

View Item View Item