PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN ARDUINO UNO PADA MATERI INDUKSI MAGNET BERMUATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

AHMAD, NURHALIM (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN ARDUINO UNO PADA MATERI INDUKSI MAGNET BERMUATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah upaya untuk mewujudkan pembelajaran berbasis STEM bagi peserta didik. Belum dikembangkannya LKPD berbasis STEM berbantuan Arduino Uno. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran serta mengetahui kelayakan dan respon penggunaan perangkat pembelajaran STEM berbantuan Arduino Uno pada materi induksi magnet bermuatan keteramplan proses sains Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Tahap validasi melibatkan dua validator (ahli materi dan ahli media) kemudian respon penggunaan melibatkan pendidik dan peserta didik tingkat SMA/MA. Berdasarkan hasil uji kelayakan ahli materi dan media mendapatkan kriteria keseluruhan sangat layak dengan rata-rata: ahli materi sebesar 4,69 untuk RPP dan presentase rata-rata sebesar 88% untuk LKPD, ahli media sebesar 83% untuk LKPD. Sedangkan respon pendidik dan peserta didik terhadap penggunaan perangkat pembelajaran STEM mendapat keteria sangat menarik dengan rata-rata presentase: pendidik sebesar 95% ,uji kelompok kecil sebesar 81% dan uji lapangan sebesar 85%. Dapat disimpulkan bahwa Pengembangan perangkat pembelajaran STEM berbantuan Arduino Uno pada materi induksi magnet bermuatan keterampilan proses sains dinyatakan sangat layak serta mendapatkan respon yang positif untuk digunakan sebagai prangkat pembelajaran. Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, STEM, Induksi Magnet, Arduino Uno iii ABSTRACT The background to this research is an effort to realize STEM-based learning for students. STEM-based LKPD assisted by Arduino Uno has not yet been developed. This research aims to develop learning tools and determine the feasibility and response to using STEM learning tools assisted by Arduino Uno on magnetic induction material that drives science process skills. This research is development research using the ADDIE model. The validation stage involves two validators (material experts and media experts) then the usage response involves educators and high school/MA level students. Based on the results of the feasibility test, material and media experts found that the overall criteria were very feasible with an average of: material experts at 4.69 for lesson plans and an average percentage of 88% for LKPD, media experts at 83% for LKPD. Meanwhile, the response of educators and students to the use of STEM learning tools received very interesting criteria with an average percentage: educators at 95%, small group tests at 81% and field tests at 85%. It can be concluded that the development of STEM learning tools assisted by Arduino Uno on magnetic induction material reading science process skills is declared very feasible and has received a positive response for use as a learning tool. Keywords: Learning Devices, STEM, Magnetic Induction, Arduino Uno

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:28
Last Modified: 06 Jun 2024 09:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33526

Actions (login required)

View Item View Item