PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL PADA TRANSAKSI JUAL BELI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Penelitian Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung)

Desya, Puspita Sari (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL PADA TRANSAKSI JUAL BELI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Penelitian Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DESYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Internet dianggap sangat penting bagi kehidupan masyarakat dalam era modern ini. Juga kemajuan teknologi yang semakin pesat dan menghasilkan inovasi baru dalam pengembangan teknologi, salah satunya adalah teknologi keuangan (fintech) yang dimana dalam teknologi ini menghasilkan aplikasi dompet digital yang canggih dan mempermudah masyarakat. Dompet digital dianggap sebagai alat digitalisasi yang aman dengan data identitas pemilik yang jelas. Sebuah dompet digital khusus untuk Indonesia yang dirancang untuk menjalankan setiap transaksi secara digital, baik online maupun offline, dengan efisiensi dan tetap menjaga keamanannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dimana populasi penelitian ini adalah pengguna dompet digital dikalangan masyarakat kota Bandar Lampung yang jumlahnya tidak diketahui. Sample yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 100 responden dengan cara non probability sampling dengan metode purposive sampling. Adapun kriteria yang digunakan dalam menentukan sampel pada penelitian ini yaitu masyarakat yang tinggal di Kota Bandar Lampung dan yang menggunakan dompet digital. Dengan bantuan alat uji SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan Dompet Digital, persepsi masyarakat juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan Dompet Digital dan tinjauan pandangan Islam dalam penggunaan Dompet Digital pada transaksi jual beli halal atau diperbolehkan selama tidak ada hal yang dirugikan dalam bertransaksi jual belinya. Karena kemudahan dalam bertransaksi bidang muamalah secara umum dianjurkan sesuai syariat agama dan penggunaanya tidak menyimpang dan menyelisihi aturan yang sudah ditetapkan oleh Fatwa DSN-MUI No. 116/DSN-MUI/IX/2017. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Persepsi Masyarakat, Penggunaan Dompet Digital.ABSTRACT The internet is considered very important for people's lives in this modern era. Also, technological progress is increasingly rapid and produces new innovations in technological development, one of which is financial technology (fintech), which in this technology produces sophisticated digital wallet applications and makes things easier for people. Digital wallets are considered a safe digitalization tool with clear owner identity data. A special digital wallet for Indonesia which is designed to carry out every transaction digitally, both online and offline, with efficiency and while maintaining security. This research uses a quantitative type of research. Where the population of this study is digital wallet users among the people of Bandar Lampung city whose number is unknown. The sample was obtained from distributing questionnaires to 100 respondents using non-probability sampling using the purposive sampling method. The criteria used in determining the sample in this study were people who live in Bandar Lampung City and who use digital wallets. With the help of the SmartPLS 4 test tool. The research results show that service quality has a positive and significant effect on the use of Digital Wallets, public perception also has a positive and significant effect on the use of Digital Wallets and a review of Islamic views in the use of Digital Wallets in buying and selling transactions is halal or permitted as long as nothing is harmed in the selling transaction buy it. Due to the ease of transactions in the muamalah sector, it is generally recommended to comply with religious law and its use does not deviate or conflict with the rules set by DSN-MUI Fatwa No. 116/DSN-MUI/IX/2017. Keywords: Service Quality, Public Perception, Use of Digital Wallets.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2024 08:06
Last Modified: 03 Jun 2024 08:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33493

Actions (login required)

View Item View Item