PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

M. KHALID, RAVI (2024) PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI KHALID.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kurangnya kemampuan guru dalam memanajemen kelas dapat menyebabkan rendahnya motivasi belajar bagi siswa. Motivasi belajar siswa akan lebih meningkat apabila guru mampu menciptakan manajemen kelas yang efektif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas 8 di MTs Negeri 1 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif Ex Post Facto Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 di MTs Negeri 1 Bandar Lampung yang berjumlah 286 siswa. Rumus Slovin digunakan untuk mendapatkan total sampel penelitian dan didapatkan 74 siswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada para siswa. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian meliputi: (1) Pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar sebesar 26,4%, (2) Indikator terendah manajemen kelas adalah menetapkan peraturan kelas, (3) indikator terendah motivasi belajar adalah pemenuhan kebutuhan untuk dihargai. Penelitian ini diyakini dapat memberikan kontribusi kepada sekolah khususnya guru kelas 8 sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan dalam pembinaan guru-guru di MTs Negeri 1 bandar lampung dalam mengelola atau memanajemen kelas. Kata Kunci : Manajemen Kelas, Motivasi Belajar Siswa iv ABSTRACT The lack of teacher ability in classroom management can lead to low learning motivation for students. Student learning motivation will increase if the teacher is able to create effective and fun classroom management. This study aims to determine how classroom management affects the learning motivation of 8th grade students at MTs Negeri 1 Bandar Lampung. The research method used is quantitative Ex Post Facto The population in this study were all 8th grade students at MTs Negeri 1 Bandar Lampung, totaling 286 students. The Slovin formula was used to obtain the total research sample and 74 students were obtained as samples in this study. Data collection was carried out using questionnaires distributed directly to students. The data that has been collected is then analyzed using simple linear regression analysis techniques with the help of the SPSS version 25. program: (1) The effect of classroom management on learning motivation is 26.4%, (2) The lowest indicator of classroom management is setting class rules, (3) the lowest indicator of learning motivation is fulfilling the need to be appreciated. This research is believed to be able to contribute to schools, especially 8th grade teachers as evaluation and consideration material in fostering teachers at MTs Negeri 1 bandar Lampung in managing or managing classes. Keywords: Classroom Management, Student Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2024 06:45
Last Modified: 31 May 2024 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33453

Actions (login required)

View Item View Item