JASA REVIEW BARANG DALAM ENDORSEMENT DI MEDIA SOSIAL PERSPEKTIF FIKIH MUAMALAH (Studi Butik Raffa Di Desa Ceringin Asri Kecamatan Way Ratai )

Mafur, Maulana (2024) JASA REVIEW BARANG DALAM ENDORSEMENT DI MEDIA SOSIAL PERSPEKTIF FIKIH MUAMALAH (Studi Butik Raffa Di Desa Ceringin Asri Kecamatan Way Ratai ). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK MAFUR MAULANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Endorsement merupakan salah satu jenis promosi pengiklanan yang menggunakan pihak lain untuk mendukung dan memasarkan sebuah produk.Sewa jasa endorsement cukup praktis dan efektif.Praktik sewa jasa endorsement dilakukan sesuai kesepakatan antara pemilik produk dan selebgram yang memasarkan produk tersebut. Namun di dalam kesepakatan tersebut terdapat ketidakjelasan seperti kepastian yang didapat karena meningkatnya penjualan produk yang diiklankan. Hal ini bisa merugikan pihak online shop karena tidak mendapatkan manfaat dari sewa jasa tersebut dan tidak menaikan angka penjualan pada sebuah produk, sebagaimana yang terjadi pada toko Butik Raffa. Permasalahan yang menjadi kajian penelitian ini adalah bagaimana praktik sewa jasa endorsement pada Butik Raffa di Desa Ceringin Asri Kecamatan Way Ratai dan bagaimana perspektif fikih muamalah terhadap praktik sewa jasa endorsement pada Butik Raffa. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana praktik sewa jasa endorsement pada Butik Raffa di Desa Ceringin Asri Kecamatan Way Ratai dan bagaimana perspektif fikih muamalah terhadap sewa jasa endorsement pada Butik Raffa tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Sedangkan sifat penelitian bersifat deskriptif analisis.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara,observasi, dan dokumentasi.Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah primer dan sekunder. Setelah data-data terkumpul selanjutnya penulis menganalisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa:Praktik sewa jasa endorsement pada online shop Butik Raffa merupakan strategi pemasaran dalam memasarkan produk di media sosial dengan bantuan celebrity endorser. Pihak Butik Raffa menghubungi selebgram yang akan menjadi endorser untuk memasarkan produk nya setelah itu pihak Butik Raffa membayar fee yang telah ditentukan oleh selebgram tersebut.Tetapi yang peneliti temukan dalam sewa jasa endorsement terkadang pihak Butik Raffa tidak mendapatkan keuntungan setelah menggunakan jasa tersebut. Ditinjau dari fikih muamalah praktik sewa jasa endorsement sudah sesuai dan diperbolehkan karena pihak Butik Raffa dan selebgram telah melakukan kewajibannya sesuai dengan perjanjian diawal dan sesuai dengan syarat dan rukun ijarah. Kata kunci :Ijarah,Akad,Endorsement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2024 04:06
Last Modified: 31 May 2024 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33451

Actions (login required)

View Item View Item