PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP -UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DISD/MI

LISNAWATI, HARAHAP (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP -UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DISD/MI. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1, 3, 5 LISNAWATI HARAHAP.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Full LISNAWATI HARAHAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi pada masalah yang ditemukan di SD Negeri 2 Way Halim Permai dan MIN 6 Bandar Lampung yaitu media pembelajaran yang belum bervariatif, keterbatasan alat dan bahan dalam proses pembelajaran. SD Negeri 2 Way Halim Permai dan MIN 6 Bandar Lampung didalam proses pembelajaran sudah menerapkan penggunaan media pembelajaran tetapi penggunaan media pembelajaran belum bervariatif. Dari pemasalahan yang ada dikembangkan media pembelajaran pop-up book dengan tujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran berupabuku pop-up pada pembelajaran menulis narasi Bahasa Indonesia kelas IV di SD/MI (2) mengetahui keefektifan media dengan mengetahui respon dari pesertadidikterhadap media pembelajaran pop-up book (3) mengetahui respon kelayakan validasi terhadap media pembelajaran pop-up book. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan langkah-langkah metode penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan revisi produk. Tahap validasi produk divalidasi oleh 6 dosen serta 2 pendidik yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Produk diuji coba pada peserta didik dikelas IV pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dengan memberikan angket. Hasil validasi pada media pembelajaran pop-up book oleh ahli media memperoleh rata-rata persentase 93% dengan kriteria sangat layak, ahli materi memperoleh rata-rata persentase 93% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa memperoleh rata-rata persentase 95% dengan kriteria sangat layak. Penilaian pada respon pendidik memperoleh rata-rata persentase 96% dengan kriteria sangat layak, dan respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil di SD Negeri 2 Way Halim Permai memperoleh rata-rata persentase 89% dengan kriteria sangat layak, serta uji coba kelompok besar pada dua sekolah di SD Negeri 2 Way Halim Permai dan MIN 6 Bandar Lampungmokjue memperoleh rata-rata persentase 96% dengan kriteria sangat layak. Disimpulkan bahwa media pembelajaran gambar berseri berbasis pop-up book pada menulis narasi Bahasa Indonesia kelas IV di SD/MI yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2024 03:17
Last Modified: 31 May 2024 07:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33445

Actions (login required)

View Item View Item