PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) TERHADAP KEMAMPUAN SOFT SKILL SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG

Solatun, Khoiriyah (2024) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) TERHADAP KEMAMPUAN SOFT SKILL SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SOLATUN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan soft skill siswa terhadap mata pelajaran fisika. Salah satu upaya untuk meningkatkan soft skill siswa yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran STEM. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) terhadap kemampuan soft skill siswa pada materi elastisitas di MAN 1 Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIA MAN 1 Bandar Lampung tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t, diperoleh hasil soft skill sebesar 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pendekatan pembelajaran STEM terhadap kemampuan soft skill siswa pada materi elastisitas di MAN 1 Bandar Lampung. Kata kunci : Pendekatan pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics), Soft skill iv ABSTRACT This research is motivated by the still-low soft skills of students in relation to the physics subject. One effort to enhance student‟s soft skills is by implementing the STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) learning approach. The aim of this study is to investigate the influence of the STEM learning approach on student‟s soft skills on the topic of elasticity at MAN 1 Bandar Lampung. The research method employed in this study is a quasi�experimental research design with a non-equivalent control group design. The population for this research includes all eleventh-grade science students at MAN 1 Bandar Lampung for the academic year 2023-2024, with XI MIA 3 selected as the experimental group and XI MIA 4 as the control group. Data collection instruments consist of questionnaires and observation sheets. The data analysis technique used is the T-test. Based on the hypothesis testing results using the t-test, a soft skill score of 0.00 was obtained, which is less than 0.05. This indicates the rejection of and the acceptance of . It can be concluded that there is a significant influence of the STEM learning approach on students' soft skills on the topic of elasticity at MAN 1 Bandar Lampung. Keywords : STEM Learning Approach (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), Soft Skills.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2024 07:37
Last Modified: 17 May 2024 09:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33275

Actions (login required)

View Item View Item