IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SMA TERPADU AL-QUDWAH KABUPATEN LEBAK PROVINSI BANTEN

Rachmat, Sofian (2024) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SMA TERPADU AL-QUDWAH KABUPATEN LEBAK PROVINSI BANTEN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RACHMAT.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi sistem informasi yang efektif memiliki peran krusial dalam meningkatkan kualitas serta mendukung fungsi manajemen, operasional, dan pengambilan keputusan. Selain itu di SMA Terpadu Al�Qudwah sudah menerapkan Sistem informasi manajemen sesuai dengan indikator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan di SMA Terpadu Al-Qudwah kabupaten Lebak provinsi Banten. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu jenis deskriptif kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research. Adapun subjek pada penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Operator Sekolah adapun objek pada penelitian ini yaitu Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan di SMA Terpadu Al-Qudwah kabupaten Lebak provinsi Banten. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan Triangulasi Metode yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Proses pengelolaan data di sekolah berjalan lancar tanpa masalah besar, dengan sistem pengumpulan data yang beroperasi dengan baik. Penanggung jawab SIM, termasuk operator, tata usaha, wali kelas, dan kepala sekolah, telah menjalankan tugas dengan baik, didukung oleh infrastruktur teknologi yang memadai. Tujuan dari kegiatan pengumpulan data adalah untuk memberikan informasi kepada orang tua sebagai konsumen sekolah, dan partisipasi aktif dari berbagai pihak dalam menjalankan tanggung jawab mereka dalam sistem pengumpulan data. Pengelolaan data pada sistem informasi manajemen SMAS Terpadu Al-Qudwah dilakukan setelah proses pengumpulan data. Dalam tahap pengolahan data, terdapat serangkaian kegiatan yang disesuaikan dengan program masing-masing. Secara keseluruhan, proses pengolahan data pada sistem informasi manajemen di SMAS Terpadu Al-Qudwah telah berjalan dengan cukup baik walau dalam tahap berkembang. Pengelolaan penyimpanan data pada sistem informasi manajemen pembelajaran di SMAS Terpadu Al�Qudwah tetap dilakukan setelah proses pengolahan seluruh data. Data yang telah diolah kemudian diinput, disimpan, atau diarsipkan untuk keperluan penggunaan informasi data. Secara keseluruhan, penyimpanan data pada sistem informasi manajemen di SMAS Terpadu Al-Qudwah telah berlangsung secara baik dan aman. Kata Kunci : Implementasi Sistem Informasi, Manajemen Pendidikan iv ABSTRACT Effective implementation of information systems has a crucial role in improving quality and supporting management, operational and decision-making functions. Apart from that, Al-Qudwah Integrated High School has implemented a management information system according to indicators. This research aims to find out how the Education Management Information System is implemented at Al-Qudwah Integrated High School, Lebak district, Banten province. The research method used by the researcher is a qualitative descriptive type, using field research. The subjects in this research are the Head of the Madrasah, Deputy Head of Student Affairs, School Operator. The object of this research is the Implementation of the Education Management Information System at Al-Qudwah Integrated High School, Lebak district, Banten province. Data collection techniques in this research are interviews, observation and documentation. Data analysis in this research uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Testing the validity of the data was carried out using triangulation techniques, namely by conducting observations, interviews and documentation. The results of this research show that: The data management process in schools runs smoothly without major problems, with a data collection system that operates well. Those responsible for SIM, including operators, administrators, homeroom teachers and school principals, have carried out their duties well, supported by adequate technological infrastructure. The aim of data collection activities is to provide information to parents as school consumers, and active participation from various parties in carrying out their responsibilities in the data collection system. Data management in the Al-Qudwah Integrated SMAS management information system is carried out after the data collection process. In the data processing stage, there are a series of activities tailored to each program. Overall, the data processing process in the management information system at SMAS Terpadu Al-Qudwah has been running quite well even though it is in the developing stage. Data storage management in the learning management information system at SMAS Terpadu Al-Qudwah continues to be carried out after processing all the data. The data that has been processed is then input, stored, or archived for the purposes of using data information. Overall, data storage in the management information system at Al-Qudwah Integrated SMAS has been going well and safely. Keywords: Information System Implementation, Education Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2024 06:31
Last Modified: 17 May 2024 08:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33266

Actions (login required)

View Item View Item