PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DITINJAU DARI PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kolam Pemancingan Galatama H. Kamil Bandar Lampung )

M., Faisal Alfarabi (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DITINJAU DARI PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kolam Pemancingan Galatama H. Kamil Bandar Lampung ). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI M.FAISAL ALFARABI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Peningkatan jumlah pemancingan berkonsep galatama yang berdiri di daerah Kecamatan Tanjung Karang Barat. Dampak yang terjadi akibat dari penambahan jumlah pemancingan yang ada membuat persaingan dalam bisnis semakin ketat. Pemancngan galatama lele H. kamil memiliki kualitas pelayanan dan fasilitas yang cukup baik akan tetapi dalam tiap bulannya mengalami penurunan jumlah pengunjung. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Metode survey digunakan untuk memperoleh data secara alamiah. Penelitian ini bersifat asosiatif, yaitu untuk mencari pengaruh antara satu variabel dengan variabel yang lain. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Bentuk instrumen pada penelitian ini menggunakan Skala Likert. Dengan populasi pengunjung baru sebanyak 404 orang. Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel dengan teknik purposive sampling yaitu dengan jumlah 80 responden. Berdasarkan hasil secara parsial (uji t) variabel kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Kepuasan pengunjung pada pemancingan galatama HK dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan fasilitas dibuktikan oleh nilai R2 sebesar 19,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Secara simultan (uji f) variabel kualitas pelayanan dan fasilitas memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengunjung dengan didapatkan fhitung > ftabel dengan hasil signifikansi sebesar 0.00 < 0.005. Kualitas pelayanan dan fasilitas sudah sesuai dengan prinsip ekonomi islam dalam Q.S Ali-Imran ayat 159. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pengunjung, ekonomi islam. ABSTRACT The fishing business is gradually getting a good response from entrepreneurs. This is proven by the increasing number of galatama fishing facilities established in the West Tanjung Karang District. The impact that occurs as a result of increasing the number of existing fisheries makes competition in business increasingly tighter, in business competition like this what must be considered is how companies build loyalty to visitors with the aim of achieving visitor satisfaction, the main factor in achieving visitor satisfaction, good entrepreneurs in the field of goods and services, we must pay attention to the level of service and existing facilities. This research uses a quantitative approach method. The survey method is used to obtain data naturally. This research is associative, namely to look for the influence between one variable and another variable. By using data collection techniques in the form of questionnaires. The instrument form in this research uses a Likert Scale. With a new visitor population of 404 people. In this research, the author took samples using a purposive sampling technique, namely 80 respondents. Based on partial results (t test) the service and facility quality variables have a significant effect on visitor satisfaction. Visitor satisfaction at HK Galatama fishing is influenced by the quality of service and facilities as evidenced by the R2 value of 19.7% while the rest is influenced by other variables. Simultaneously (f test) the variables of service quality and facilities have an influence on visitor satisfaction with fcount > ftable with a significance result of 0.00 < 0.005. The quality of services and facilities is in accordance with Islamic economic principles in Q.S Ali-Imran verse 159. Keywords: Service Quality, Facilities, Visitor Satisfaction, Islamic economics.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 May 2024 04:04
Last Modified: 16 May 2024 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33253

Actions (login required)

View Item View Item