PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE DENGAN PERSEPSI NILAI SEBAGAI MODERASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung)

IKA, CLINDRIKA PRISEPTIA (2024) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE DENGAN PERSEPSI NILAI SEBAGAI MODERASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1,BAB 2,DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI IKA CLINDRIKA PRISEPTIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Studi penelitian ini mencoba untuk mengevaluasi bagaimana dampak penggunaan celebrity endorser dalam iklan mempengaruhi sikap konsumen yaitu pada mahasiswa UIN Raden Intan dan keputusan dalam membeli produk indomie serta faktor yang membuat konsumen tertarik untuk membeli produk indomie. Selain itu, penelitian ini mengetahui sejauh mana persepsi nilai memoderasi hubungan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian, (2) persepsi nilai memoderasi hubungan antara celebrity endorser terhadap keputusan pembelian, dan (3) celebrity endorser berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan persepsi nilai sebagai moderasi dalam perspektif bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode pengumpulan data yaitu kuesioner yang disebar melalui google form menggunakan skala likert. Jumlah sampel sebanyak 74 responden, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan SmartPLS 3. Uji analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) persepsi nilai memperlemah atau berpengaruh negatif memoderasi hubungan antara celebrity endorser terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian, Persepsi Nilai. iv ABSTRACT This research study tries to evaluate how the impact of using celebrity endorsers in advertisements affects consumer attitudes, namely on UIN Raden Intan students and decisions to buy indomie products and factors that make consumers interested in buying indomie products. In addition, this study finds out the extent to which perceived value moderates the relationship between celebrity endorsers and purchasing decisions. This study aims to analyze: (1) the effect of celebrity endorser on purchasing decisions, (2) perceived value moderates the relationship between celebrity endorser on purchasing decisions, and (3) celebrity endorser influence purchasing decisions with perceived value as moderation in an Islamic business perspective. This study uses quantitative methods and data collection methods, namely questionnaires using a Likert scale via Google Form. The sample size was 74 respondents, with the sampling technique using the slovin formula. The data analysis method in this study uses SmartPLS 3.0. The data analysis tests used are validity test, reliability test and hypothesis testing. The results of this study indicate that (1) celebrity endorsers have a positive and significant effect on purchasing decisions, (2) perceived value weakens or negatively moderates the relationship between celebrity endorsers and purchasing decisions. Keywords: Celebrity Endorser, Buying Decision, Value Perception.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 May 2024 07:02
Last Modified: 15 May 2024 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33237

Actions (login required)

View Item View Item