EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) MELALUI METODE POE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK

Dr. Romlah, M.Pd.I and ANTOMI SAREGAR, ANTOMI SAREGAR and Rina, Dwi Jayanti (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) MELALUI METODE POE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK. In: Prosiding Rna Dwi Jayanti 2016 Seminar Nasional Pendidikan. Program Studi Pendidikan Fisika, Bandar Lampung. ISBN 78-602 -74712 -0-7

[img] PDF
Download (487kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Leaning (PBL) melalui metode Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok pretest-postes. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sungkai Jaya kelas X. Pengambilan sampel dengan cara acak kelas (random sampling) untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t satu pihak erdasarkan nilai sig. serta normalitas gain (N-gain). Data penelitian menunjukkan ahwa model Problem Based Learningmelalui metode POE berpengaruh positif dan apat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dari pada eserta idik yang menggunakan metode ceramah. Hasil uji peningkatan dengan N-gainkelas ksperimen berada pada kategori sedang, lebih tinggi dari pada kategori kelas kontrol aitu rendah.Simpulanpenelitian ini yaitu pembelajaran Fisika model PBLmelalui etode POE dinyatakan efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta idik kelas X SMA Negeri 1 Sungkai Jaya Kabupaten Lampung Utara.

Item Type: Book Section
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin
Date Deposited: 09 Mar 2018 02:01
Last Modified: 09 Mar 2018 02:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3314

Actions (login required)

View Item View Item