PERLINDUNGAN KONSUMEN INDIHOME DALAM GANGGUAN JARINGAN INTERNET PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Studi di Plasa Telkom Majapahit Bandar Lampung)

Rizka, Amalia Az-Zahra (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN INDIHOME DALAM GANGGUAN JARINGAN INTERNET PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Studi di Plasa Telkom Majapahit Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RIZKA AMALIA AZ-ZAHRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan di zaman ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan hubungan hukum antara produsen dan konsumen, karena adanya prinsip perlindungan konsumen dapat menjadi acuan dalam menjamin hak-hak konsumen. PT. Telkom merupakan perusahaan yang bergulir di industri informasi serta penyedia jasa jaringan telekomunikasi di Indonesia yang menyediakan layanan jasa internet Indihome. Layanan internet tersebut tidak terlepas dengan adanya hambatan atau gangguan kerusakan pada jaringan internet yang dialami oleh pelanggannya, sehingga konsumen merasa dirugikan karena tidak mendapatkan jasa internet yang sesuai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perlindungan konsumen Indihome dalam gangguan jaringan Internet di Plasa Telkom Majapahit Bandar Lampung dan bagaimana pandangan hukum Islam dan hukum positif terhadap perlindungan konsumen Indihome dalam gangguan jaringan Internet di Plasa Telkom Majapahit Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perlindungan konsumen Indihome dalam gangguan jaringan internet di Plasa Telkom Bandar Lampung dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam dan hukum positif terhadap perlindungan konsumen Indihome dalam gangguan jaringan internet di Plasa Telkom Majapahit Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pengolahan data yaitu, editing, klasifikasi dan sistematis data, kemudian data analisis dengan metode kualitatif dengan pendekatan berfikir secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan, pertama, pelaksanaan perlindungan konsumen yang diberikan oleh Plasa Telkom Majapahit Bandar Lampung yaitu menindak lanjuti laporan pelanggan jika sambungan layanan jaringan internet Indihome iv di alamat pelanggan mengalami gangguan atau kerusakan. Kedua, menurut analisis hukum Islam, perlindungan konsumen dalam gangguan jaringan internet Indihome di Plasa Telkom Majapahit Bandar Lampung ini telah sesuai dengan rukun dan syarat akad Ijārah (sewa menyewa). Dan menurut hukum positif pelaksanaan perlindungan konsumen yang diberikan oleh Plasa Telkom Majapahit Bandar Lampung sudah sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan dan sudah tertulis di kontrak berlangganan, serta telah sesuai dengan Undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 May 2024 04:39
Last Modified: 07 May 2024 04:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33131

Actions (login required)

View Item View Item