PENGARUH OVERCONFIDENCE DAN HERDING BIAS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PASAR MODAL DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Generasi Milenial Di Bandar Lampung)

Maudi, Handayani (2024) PENGARUH OVERCONFIDENCE DAN HERDING BIAS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PASAR MODAL DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Generasi Milenial Di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI MAUDI HANDAYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam melakukan investasi, tentunya para investor mengharapkan return atau keuntungan yang besar. Tetapi, tak jarang dari generasi milenial memiliki kepribadian yang terlalu percaya dengan dirinya sendiri secara berlebih atau overconfidence dan juga memiliki perilaku mengikuti orang lain atau bisa disebut herding bias. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh overconfidence dan herding bias terhadap keputusan investasi pasar modal dalam perspektif bisnis islam. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode uji regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial dikota bandar lampung, dan sampel dalam penelitian ini adalah generasi milenial dikota bandar lampung dengan rentan usia 23-40 tahun dengan jumlah 96 responden. Berdasarkan hasil penelitian ini, didapatkan hasil bahwa overconfidence dan herding bias secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi pasar modal pada di kota bandar lampung. Dengan nilai sig < 0,05. Hasil uji simultan mendapatkan hasil bahwa overconfidence dan herding bias secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi pasar modal pada generasi milenial dikota bandar lampung dengan Thitung > Ttabel. Dalam pandangan islam diharuskan memiliki bekal hidup didunia dan diakhirat karena dalam islam semua jenis kegiatan kalau diniati sebagai ibadah akan bernilai akhirat. Kata Kunci : Overconfidence, Herding Bias, Keputusan Investasi Pasar Modal.ABSTRACT When making an investment, of course investors expect big return of profit. However, it is not uncommon for the millennial generation has a personality that is too self-confident excess of overconfidence and also have the behavior of following other people or what can be called herding bias. Objective this research is to determine the effect of overconfidence and herding bias towards capital market investment decisions from an Islamic business perpective. This research is quantitative research using the multiple linier regression test method. Population in this research is the millennial generation in the city of bandar lampung, and sampel in this research are the millennial generation in the city of bandar lampung with vurnerable aged 23-40 years with a total of 96 respondents. Based on the results of this research, the result obtained are that overconfidence and herding bias partially have a positive effect and significant impact on capital market investmen decisions in urban areas lampung. With a sig value < 0,05. Simultaneous test result get results that overconfidence and herding bias simultaneously have a positive effect and significant to capital market investmen decisions in generations millennials in the city of bandar lampung with Tarithmetic > Ttable. In view islam is required to have provisions for life in this world and in the afterlife because it is deep in islam, all types of activities if considered as worship will have value in the afterlife. Keywords : Overconfidence, Herding bias, Capital Market Investment Decisions.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:32
Last Modified: 27 Mar 2024 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32929

Actions (login required)

View Item View Item