ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN BEKAS/THRIFT DAN DAMPAKNYA TERHADAP UMKM LOKAL DI BANDAR LAMPUNG MENURUT ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Thrift Kota Bandar Lampung)

AGUM, ALFANIS (2024) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN BEKAS/THRIFT DAN DAMPAKNYA TERHADAP UMKM LOKAL DI BANDAR LAMPUNG MENURUT ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Thrift Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1-5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL (2).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Di Indonesia penjualan pakaian bekas (thrift) ini dilarang. Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman mengatakan, thrifting di indonesia bisa merusak pasar UMKM hingga membahayakan lingkungan. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) juga secara tegas menolak bisnis jual-beli pakaian impor bekas Jenis Penelitian Dalam Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara dengan informan. Data primer didapatkan dari hasil wawancara dengan informan mengenai perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian pakaian bekas/thrift dan dampaknya terhadap UMKM lokal dibandar lampung. Sedangkan data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), Buku, Jurnal dan Artikel. Hasil analisis didapatkan bahwa perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian pakaian bekas/thrift dikarenakan budaya modern saat ini yang menjadikan tren thrifting sedang diminati oleh anak muda, perilaku konsumen yang terjadi dikarenakan pengaruh teman, keluarga atau orang-orang disekitarnya, pendapatan yang dimiliki oleh konsumen, motivasi seorang konsumen, pengalaman konsumen serta keyakinan konsumen terhadap produk thrifting. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan bahwa dengan adanya tren penjualan produk thrifting menjadikan dampak bagi UMKM lokal dibandar lampung. Dimana dampak ini membuat pendapatan pelaku UMKM lokal menurun dari pendapatan sebelumnya. Dan dalam sudut pandang etika bisnis islam terhadap kebutuhan primer telah terpenuhi, dan kebutuhan sekunder juga telah terpenuhi tetapi kebutuhan tersiernya belum terpenuhi karena pakaian thrifting bukan merupakan pakaian yang mewah. Dan dalam sudut pandang etika bisnis islam, perilaku seorang konsumen dalam keputusan pembelian pakaian bekas harus mempunyai sikap yang adil dalam melakukan kegiatan bisnis. Karena banyak pelaku UMKM lokal yang merasa dirugikan atas adanya penjualan pakaian bekas dengan harga murah dan kualitas yang bagus. Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Pakaian Bekas, UMKM Lokal. ABSTRACT In Indonesia, the sale of thrift clothing is prohibited. Deputy for SMEs at Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman said that thrifting in Indonesia could damage the UMKM market to harm the environment. The Ministry of Cooperatives and Small and Medium Enterprises (Kemenkop UKM) also expressly rejects the business of buying and selling used imported clothing The type of research in this research is qualitative research. The study used data collection techniques by conducting interviews with informants. Primary data were obtained from the results of interviews with informants on consumer behavior towards the decision to purchase second/ thrift clothing in maintaining its existence and its impact on local UMKM in Bandar Lampung. While secondary data are obtained from the Central Statistical Agency (BPS), Books, Journals and Articles. All these data are materials to describe consumers' behavior towards the decision to purchase second/ thrift clothing in maintaining its existence and its impact on local UMKM in Bandar Lampung. The results of the analysis show that consumer behavior in making decisions to purchase used/thrift clothing is due to current modern culture which makes the thrifting trend popular among young people, consumer behavior that occurs due to the influence of friends, family or people around them, the income of consumers, a consumer's motivation, consumer experience and consumer confidence in thrifting products. Based on the results of the analysis, it was found that the sales trend of thrifting products had an impact on local UMKM in Bandar Lampung. This impact causes the income of local UMKM players to decrease from their previous income. And from the perspective of Islamic business ethics, primary needs have been met, and secondary needs have also been met, but tertiary needs have not been met because thrifting clothing is not luxurious clothing. And from the perspective of Islamic business ethics, a consumer's behavior in the decision to purchase used clothing must have a fair attitude in carrying out business activities. Because many local UMKM feel disadvantaged by the sale of used clothes at low prices and good quality. Keywords : Consumer Behavior, Purchasing, Used Clothing, Local UMKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:47
Last Modified: 27 Mar 2024 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32924

Actions (login required)

View Item View Item