ANALISIS UPAYA KREATIVITAS DAN INOVASI UMKM PASCA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Umkm Oleh - Oleh Khas Lampung Toko Keripik Pisang Askha Jaya)

ARTIA, RAHMAWATI (2024) ANALISIS UPAYA KREATIVITAS DAN INOVASI UMKM PASCA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Umkm Oleh - Oleh Khas Lampung Toko Keripik Pisang Askha Jaya). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ARTIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini UMKM sudah menjadi salah satu sektor ekonomi yang mendorong kehidupan masyarakat lebih sejahtera. Masyarakat dapat membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan mengurangi penggangguran di provinsi lampung. Namun Pada masa pandemi covid-19 UMKM di bandar lampung khususnya di sekitaran Gg Pu mengalami penurunan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana analisa upaya kreativitas dalam meningkatkan pendapatan usaha di UMKM Keripik Pisang Askha Jaya Lampung, bagaimana analisa upaya inovasi dalam meningkatkan pendapatan dan bagaimana analisa upaya kreativitas dan inovasi dalam meningkatkan pendapatan usaha di UMKM kerpik pisang askha jaya Lampung menurut perspektif ekonomi islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Kreativitas dan Inovasi yang dilakukan Askha Jaya dalam meningkatkan Pendapatan Usaha nya pada pasca pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu jenis Penelitian Lapangan atau Field Research, dengan menggunakan pendekatan Kualitatif. Populasi yang digunakan adalah Pemilik Toko dan Konsumen pada Toko Askha Jaya. Jenis data yang digunakan adalah data Primer yang mana data tersebut diperoleh melalui instrumen penelitian yaitu wawancara dengan pemilik Toko Askha Jaya dan kuisioner. Kuisioner tersebut dibagikan kepada para konsumen Askha Jaya. Berdasarkan Hasil Analisis Data, diperoleh simpulan bahwa (1). Dalam mengembangkan ide pada upaya kreativitas, askha jaya selalu melakukan riset dengan cara melihat feedback langsung dari konsumen. Dengan begitu kreativitas pada askha jaya tetap berkembang. (2). Selain kreativitas, askha jaya juga melakukan inovasi dalam meningkatkan pendapatannya. Upaya inovasi yang dilakukan askha jaya yaitu mengembangkan produk baru, tehnik pemasaran serta packaging pada beberapa produk sehingga dapat menarik daya minat konsumen. (3). Inovasi dan kreativitas saling berkaitan dalam meningkatkan pendapatan, apalagi dalam masa pandemi hingga pasca pandemi askha jaya selalu menerapkan ulet dan sabar dalam menjalankan usaha nya sehingga mereka bisa bertahan hingga sekarang seperti yang dijelaskan pada surat Ar-Rad ayat 11 bahwa sesungguhnya allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan pada mereka itu sendiri. Kata Kunci : Kreativitas, Inovasi, Pendapatan Usaha, UMKMABSTRACT Currently, MSMEs have become one of the economic sectors that encourage people's lives to be more prosperous. The community can open new job opportunities, thereby increasing income and reducing unemployment in Lampung province. However, during the Covid-19 pandemic, MSMEs in Bandar Lampung, especially around Gg Pu, experienced a decline. The problem formulation of this research is how to analyze creativity efforts in increasing business income in Askha Jaya Lampung Banana Chips MSMEs, how to analyze innovation efforts in increasing business income in Askha Jaya Lampung Banana Chips MSMEs and how to analyze creativity and innovation efforts in increasing business income in MSMEs Askha Jaya Lampung banana chips from an Islamic economic perspective. This research aims to determine the creativity and innovation efforts made by Askha Jaya to increase its business income after the Covid-19 pandemic. The type of research used in this research is field research, using a qualitative approach. The population used in this research is shop owners and consumers at the Askha Jaya shop. The type of data used is primary data, where the data is obtained through research instruments, namely interviews with the owner of the Askha Jaya Shop and questionnaires. The questionnaire was distributed to Askha Jaya consumers. Based on the results of data analysis, it was concluded that (1). In developing ideas for creative efforts, Askha Jaya always carries out research by looking at direct feedback from consumers. In this way, creativity at Askha Jaya continues to develop. (2). Apart from creativity, Askha Jaya also innovates to increase its income. Askha Jaya's innovation efforts include developing new products, marketing techniques and packaging for several products so that they can attract consumer interest. (3). Innovation and creativity are interrelated in increasing income, especially during the pandemic to post-pandemic Askha Jaya always applies tenacity and patience in running their business so that they can survive until now as explained in Surah Ar�Rad verse 11 that in fact Allah will not change the situation. a people so that they change the situation for themselves. Keywords: Creativity, Innovation, Business Income, MSME.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:51
Last Modified: 25 Mar 2024 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32894

Actions (login required)

View Item View Item