PENDEKATAN KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI KELURAHAN SINAR BANTEN KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS

PUTRI, DIKA WALLIA (2024) PENDEKATAN KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI KELURAHAN SINAR BANTEN KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PUTRI DIKA FIX 1,3,5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI PUTRI DIKA FIX ful cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendekatan komunikasi orang tua di kelurahan Sinar Banten menggunakan prinsip pendekatan komunikasi dalam islam. Pendekatan komunikasi orang tua dalam membentuk karakter anak adalah bagaimana pendekatan komunikasi yang digunakan orang tua di kelurahan Sinar Banten, kecamatan Talang Padang, karena pembentukan karakter anak dimulai dari cara orang tua berkomunikasi dengan mereka. Tujuan pendekatan komunikasi orang tua dalam konsep islam ini adalah untuk membentuk karakter anak, yang dimulai dengan tahap proses pembentukan karakter, pengenalan, pemahaman, pembiasaan, pembudayaan, serta internalisasi karakter. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research), dan penelitian ini bersifat deskriptif. Dalam hal ini penelitian dilaksanakan dengan cara langsung ke lokasi penelitian yaitu di Kelurahan Sinar Banten Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Metode pengumpulan data yang di gunakan penulis yaitu menggunakan metode observasi dan sumber data yang didapat dari data primer. Data primer diperoleh langsung dengan menggunakan metode Purposive Sampling dari RT Harapan Jaya yang diperoleh 4 orang informan yaitu orang tua yang memiliki anak 4-10 tahun, teknik analisis yang digunakan yakni 3 alur kerja menurut Miles dan Huberman. sedangkan data sekunder dalam penelitian ini meliputi buku, jurnal, karya ilmiah dan sumber-sumber lainnya. Berdasarkan penemuan Komunikasi Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Dikelurahan Sinar Banten Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Bahwa orang tua dikelurahan sinar banten dominan menggunakan komunikasi secara terbuka dan mudah dipahami oleh anak. Adapun pendekatan komunikasi yang digunakan adalah prinsip berbica dalam islam yakni, Qaulan layyinan, qaulan marifan dan Qaulan maisura. ketiga metode tersebut sudah diterapkan dikelurahan Sinar Banten, namun belum maksimal secara praktiknya seperti Qaulan marifan (perkataan yang baik) Karena di desa tersebut sebagian anak masih menggunakan bahasa yang kasar dikarenakan faktor lingkungan sosial. Kata Kunci: Pendekatan Komunikasi, Orang Tua, Karakter Anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:46
Last Modified: 25 Mar 2024 06:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32893

Actions (login required)

View Item View Item