PENGARUH RELIGIUSITAS ISLAM DAN PENGETAHUAN HALAL TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KOSMETIK HALAL DENGAN ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Konsumen Kosmetik Generasi Z di Bandar Lampung)

IDA, FAULINA (2024) PENGARUH RELIGIUSITAS ISLAM DAN PENGETAHUAN HALAL TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KOSMETIK HALAL DENGAN ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Konsumen Kosmetik Generasi Z di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN V.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI IDA FAULINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Di era perkembangan seperti saat ini banyaknya produk- produk kosmetik yang beredar dengan berbagai manfaat dan kemasan yang menarik. Hal tersebut menjadi tantangan bagi masyarakat, dengan adanya mayoritas penduduk muslim dengan jumlah terbanyak serta jumlah generasi Z yang menempati posisi teratas di Indonesia menjadikan permintaan produk halal semakin meningkat. Dengan adanya hal tersebut harus diwaspadai terhadap banyaknya produkyang beredar dengan luas sehingga banyaknya resiko produk kosmetik yang tidak memenuhi standar kehalalan bahkan banyaknya produk dengan memanipulasi lebel halal demi kelarisan sebuah produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan sampel sebanyak 97 responden konsumen kosmetik generasi z yang ada di Bandar Lampung.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi software Smart-PLS dengan metode analisis data SEM (Structural Equation Modeling). Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa religiusitas islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian.Pengetahuan halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian. Religiusitas islamberpengaruh negatif terhadap atitude.Pengetahuan halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude.Attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian. Attitude memediasi hubungan antara religiusitas islamterhadap perilaku pembelian. Attitude memediasi hubungan antara pengetahuan halal terhadap perilaku pembelian. Kata Kunci : Religiusitas islam, pengetahuan halal, perilaku pembelian, attitude.ABSTRACT In this era of development, there are many cosmetic products in circulation with various benefits and attractive packaging. This is a challenge for society, with the majority Muslim population and the number of Generation Z occupying the top positions in Indonesia, the demand for halal products is increasing. With this, we must be wary of the large number of products that are widely circulated, resulting in the risk of cosmetic products not meeting halal standards, and even many products manipulating the halal label for the sake of a product's popularity. This research uses an approach with a sample of 97 respondents from Generation Z cosmetics consumers in Bandar Lampung. The data analysis technique in this research uses the Smart-PLS software application with the SEM (Structural Equation Modeling) data analysis method. The results in this study show that Islamic religiosity has a positive and significant effect on purchasing behavior. Halal knowledge has a positive and significant effect on purchasing behavior. Islamic religiosity has a negative effect on attitude. Halal knowledge has a positive and significant effect on attitude. Attitude has a positive and significant effect on purchasing behavior. Attitude mediates the relationship between Islamic religiosity and purchasing behavior. Attitude mediates the relationship between halal knowledge and purchasing behavior. Keywords: Islamic religiosity, halal knowledge, behavior purchase, attitude.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:36
Last Modified: 25 Mar 2024 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32889

Actions (login required)

View Item View Item