ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN DENGAN CITRA MERK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Study Pada Konsumen Butik Cordy Bandar Lampung)

TIARA, OKTARIENZA (2024) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN DENGAN CITRA MERK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Study Pada Konsumen Butik Cordy Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Tiara oktarienza FINISH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perekonomian Indonesia berkembang positif, terlihat dari pertumbuhan bisnis yang pesat, khususnya dalam industri pakaian di Bandar Lampung. Penelitian ini difokuskan pada kepuasan pelanggan di salah satu butik di kota tersebut, dengan tujuan mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan, seperti kualitas layanan dan harga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan yang dimediasi citra merek pada Butik Cordy di Bandar Lampung? Bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap harga dan kualitas pelayanan pada Butik Cordy Bandar lampung? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis Faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dengan citra merek sebagai variabel mediasi dalam persfektif bisnis islam. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan Metode pendekatan kuantitatif, dan bersifat Komparatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, dimana teknik penarikan sampel secara acak pada pepulasi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Butik Cordy di Bandar Lampung dengan sampel sebanyak 64 orang yang ditentukan dengan Rumus Slovin. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan program SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (x1) dan harga (x2) tidak memiliki pengaruh secara langsung terhadap kepuasan pelanggan (y). Namun, kualitas pelayanan (x1) dan harga (x2) berpengaruh secara tidak langsung terhadap kepuasan pelanggan yang dimediasi oleh citra merek (z), Dari perspektif Islam, harga yang ditetapkan oleh Butik Cordy Bandar Lampung sesuai dengan prinsip keadilan dalam ekonomi Islam, tanpa paksaan atau kerugian bagi pihak manapun. Kualitas pelayanan juga dianggap sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam berdasarkan Al-Qur‟an dan hadits. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan.ABSTRACK The Indonesian economy is developing positively, as can be seen from the rapid business growth, especially in the clothing industry in Bandar Lampung. This research focuses on customer satisfaction at one of the boutiques in the city, with the aim of exploring the factors that influence satisfaction, such as service quality and price. The formulation of the problem in this research is How does price and service quality influence customer satisfaction mediated by brand image at Cordy Boutique in Bandar Lampung? What is the Islamic economic view of the prices and quality of service at Cordy Bandar Lampung Boutique? The aim of this research is to determine and analyze factors that influence customer satisfaction with brand image as a mediating variable in an Islamic business perspective. This research is included in field research (Field Research), using a quantitative approach method, and is comparative in nature. The sampling technique in this research uses a random sampling technique, where the sampling technique is random in population. The population in this study were consumers of Cordy Boutique in Bandar Lampung with a sample of 64 people determined using the Slovin Formula. The analysis method used is path analysis using the SmartPLS program. The research results show that service quality (x1) and price (x2) do not have a direct influence on customer satisfaction (y). However, service quality (x1) and price (x2) have an indirect effect on customer satisfaction which is mediated by brand image (z). From an Islamic perspective, the prices set by Cordy Bandar Lampung Boutique are in accordance with the principles of justice in Islamic economics, without coercion. or loss to any party. Service quality is also considered to be in accordance with the principles of Islamic Economics based on the Qur'an and hadith. Keywords: Service Quality, Price, Brand Image, Customer Satisfaction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:37
Last Modified: 25 Mar 2024 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32881

Actions (login required)

View Item View Item