PENGARUH IMPULSIVE BUYING DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP MINAT PEMBELIAN KOSMETIK DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Topshop Bandar Lampung)

Siti, Rohimah (2024) PENGARUH IMPULSIVE BUYING DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP MINAT PEMBELIAN KOSMETIK DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Topshop Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SITI ROHIMAH full (1).pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SITI ROHIMAH full (1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelian secara impulsif tidak berfikir untuk membeli suatu produk. Mereka melakukan pembelian secara tidak sadar hanya karena ketertarikan terhadap produk tersebut tanpa memikirkan akibat yang muncul setelahnya. Faktor lain yang berpengaruh terhadap pembelian secara impulsif atau pembelian yang tidak terencana salah satunya yaitu dengan adanya online customer rating yang dapat meyakinkan konsumen melakukan pembelian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah impulsive buying dan online customer rating berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat pembelian kosmetik? Bagaimana impulsive buying, online customer rating dan minat pembelian kosmetik dalam perspektif bisnis islam?. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh impulsive buying dan online customer rating secara parsial dan simultan terhadap minat pembelian kosmetik pada konsumen topshop ditinjau dari perspektif bisnis islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen Topshop Bandar Lampung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan sampel 100 orang dan analisis data penelitian ini menggunakan analisis model SEM dengan menggunakan SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian ini secara parsial yaitu impulsive buying (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian (Y), dan online customer rating (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian (Y). Impulsive buying dan online customer rating secara simultan berpengaruh Bersama-sama terhadap minat pembelian kosmetik pada konsumen Topshop Bandar Lampung. Dalam pandangan islam manusia diperintahkan untuk mengkonsumsi barang/jasa yang halal dan baik saja secara wajar atau tidak berlebihan. Pemenuhan keinginan tetap diperbolehkan selama hal itu mampu menambah maslahah atau tidak mendatangkan mudharat. Kata Kunci: Impulsive Buying, Online Customer Rating dan Minat Pembelian ABSTRACT This research is motivated by impulsive buying without thinking about buying a product. They make purchases unconsciously just because they are interested in the product without thinking about the consequences that arise afterwards. Another factor that influences impulsive or unplanned purchases is the presence of online customer ratings which can convince consumers to make purchases. The formulation of the problem in this research is, do impulsive buying and online customer ratings have a partial and simultaneous effect on interest in purchasing cosmetics? What about impulsive buying, online customer ratings and interest in purchasing cosmetics from an Islamic business perspective? The aim of this research is to determine the partial and simultaneous influence of impulsive buying and online customer ratings on interest in purchasing cosmetics among Topshop consumers from an Islamic business perspective. This research is quantitative research, the population in this research is all Topshop Bandar Lampung consumers. The sample used in this research was probability sampling with a sample of 100 people and data analysis for this research used SEM model analysis using SmartPLS version 3.0. The partial results of this research are that impulsive buying (X1) has a positive and significant effect on purchase interest (Y), and online customer rating (X2) has a positive and significant effect on purchase interest (Y). Impulsive buying and online customer rating simultaneously influence the interest in purchasing cosmetics among Topshop Bandar Lampung consumers. In the Islamic view, humans are commanded to consume halal and good goods/services in a reasonable or moderate manner. Fulfillment of desires is still permitted as long as it is able to increase benefit or does not bring harm. Keywords: Impulsive Buying, Online Customer Rating and Purchase Interest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:47
Last Modified: 21 Mar 2024 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32848

Actions (login required)

View Item View Item