ANALISIS KEMAMPUAN MANAJEMEN DAN STRATEGI BISNIS TERHADAP PENINGKATAN HASIL PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada UMKM Gerabah Erri Art Desa Negara Ratu, Natar, Lampung Selatan)

ANJAS, MAHENDRA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MANAJEMEN DAN STRATEGI BISNIS TERHADAP PENINGKATAN HASIL PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada UMKM Gerabah Erri Art Desa Negara Ratu, Natar, Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ANJAS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan UMKM di Indonesia saat ini telah menjadi sorotan dalam memajukan ekonomi dan juga menjadi sumber inspirasi bagi inovasi dan kreativitas. Perkembangan industri gerabah di Provinsi Lampung juga mengalami kenaikan terutama pada tahun 2021 dan 2022 dimana permintaan pasar untuk produksi ini mengalami kenaikan. Banyaknya usaha yang bergerak dibidang gerabah di desa negara ratu mendorong lahirnya persaingan. Untuk mampu bersaing dengan produk gerabah lain oleh karena itu wirausahawan harus mampu mengembangkan kemampuan manajemen dan strategi bisnis guna meningkatkan usaha yang telah dijalani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan manajemen dan strategi bisnis terhadap peningkatan hasil penjualan dalam perspektif bisnis syariah pada UMKM gerabah Erri Art desa negara ratu, natar, Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari narasumber melalui wawancara bersama pemilik usaha UMKM gerabah Erri Art. Sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai refrensi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan manajemen yang diterapkan pada UMKM gerabah Erri Art berfokus pada kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas untuk menghasilkan kualitas produk dan hasil produk akhir dan penerapan strategi bisnis menekankan pada keunggulan differentiation produk, low cost dan focus strategy dalam kesuksesan operasional untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan. UMKM gerabah Erri Art juga menjalankan bisnisnya dengan menerapkan standar etika bisnis syariah yang berlandaskan prinsip taqwa, aqshid, khimad, dan amanah. Melalui penerapan prinsip-prinsip ini UMKM gerabah Erri Art berhasil membangun hubungan dan membangun reputasi yang kuat dengan pelanggan sebagai produsen produk gerabah yang terpercaya. Kata Kunci: Kemampuan Manajemen, Strategi Bisnis, Peningkatan Penjualan iv ABSTRACT The development of MSMEs in Indonesia has currently become a highlight in advancing the economy and has also become a source of inspiration for innovation and creativity. The development of the pottery industry in Lampung Province has also increased, especially in 2021 and 2022, where market demand for this production has increased. The large number of businesses operating in the pottery sector in Negara Ratu village has encouraged the emergence of competition. To be able to compete with other pottery products, entrepreneurs must be able to develop management skills and business strategies to improve the business they are running. This research aims to analyze management capabilities and business strategies to increase sales results from a sharia business perspective in Erri Art pottery MSMEs, Negara Ratu village, Natar, South Lampung. This research is qualitative research with data collection methods in the form of interviews, observation and documentation. Primary data was obtained directly from sources through interviews with the owner of the Erri Art pottery MSME business. Meanwhile, secondary data was obtained from various references related to research. The results of this research show that the management capabilities applied to Erri Art pottery MSMEs focus on quality, quantity, timeliness, effectiveness to produce product quality and final product results and the implementation of business strategies emphasizing the advantages of product differentiation, low cost and focus strategy for success. operations to increase sales and income. Erri Art pottery MSMEs also run their business by implementing sharia business ethics standards which are based on the principles of taqwa, aqshid, khimad and trust. Through the application of these principles, Erri Art pottery MSMEs have succeeded in building relationships and building a strong reputation with customers as a trusted producer of pottery products. Keywords: Management Ability, Business Strategy, Increased Sales

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Mar 2024 07:00
Last Modified: 20 Mar 2024 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32830

Actions (login required)

View Item View Item