PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP WILLINGNESS TO BUY PADA MARKETPLACE DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pada Kader IPNU & IPPNU Pengguna Marketplace di Kec. Terbanggi Besar Kab. Lampung Tengah)

Ulul, Muntaha (2024) PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP WILLINGNESS TO BUY PADA MARKETPLACE DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pada Kader IPNU & IPPNU Pengguna Marketplace di Kec. Terbanggi Besar Kab. Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ULUL MUNTAHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi dan informasi di dunia khususnya internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan internet di Indonesia juga telah mempengaruhi stabilitas perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan secara tatap muka atau langsung, kini dapat diakses dengan mudah hanya menggunakan internet pada Smartphone. Penelitian ini dilatar belakang oleh pemalsuan ulasan atau Online atau Online Consumer Review yang akan mempengaruhi minat beli para konsumen yang akan membeli produk di Marketplace. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner melalui Google Form. Sampel penelitian berjumlah 61 responden dengan teknik Purposive Sampling yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Metode analisis data menggunakan partial least square structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan Software Smart PLS.4 untuk pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Online Consumer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap Willingness To Buy atau minat beli kembali. Online Consumer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap Costumer Satisfaction. Costumer Satisfaction memediasi hubungan antara Online Consumer Review terhadap Willingness To Buy. Kata Kunci : Online Consumer Review, Willingness To buy, Costumer Satisfaction iii ABSTRACT Along with the times, technology and information in the world, especially the internet, are experiencing very rapid development. The development of the internet in Indonesia has also influenced the stability of economic development. Various buying and selling transactions that previously could only be done face to face or in person, can now be accessed easily just using the internet on a smartphone. This research is motivated by fake reviews or online consumer reviews which will influence the buying interest of consumers who will buy products in the marketplace. The method used in this research is a quantitative approach. Data collection was carried out by distributing questionnaires via Google Form. The research sample consisted of 66 respondents using a purposive sampling technique calculated using the Slovin formula. The data analysis method uses partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) with SmartPLS.4 software for data processing. The research results show that online consumer reviews have a positive and significant effect on willingness to buy or interest in buying again. Online consumer reviews have a positive and significant effect on customer satisfaction. Customer satisfaction mediates the relationship between online consumer reviews and willingness to buy. Keywords: Online Consumer Review, Willingness To Buy, Customer Satisfaction

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:25
Last Modified: 20 Mar 2024 06:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32822

Actions (login required)

View Item View Item