PENGARUH KUALITAS LAYANAN DIGITAL DAN PROMOSI TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SHOPEEFOOD SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DITINJAU DALAM PERSEPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Mahasiswa pengguna ShopeeFood Prodi Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2022 UIN Raden Intan Lampung)

Endah, Dwi Utami (2024) PENGARUH KUALITAS LAYANAN DIGITAL DAN PROMOSI TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SHOPEEFOOD SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DITINJAU DALAM PERSEPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Mahasiswa pengguna ShopeeFood Prodi Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2022 UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi ENDAH  bab 1-2 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi ENDAH  full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Banyaknya peluang yang menjanjikan dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk membuat platform markrtetplace mengakibatkan para pelaku usaha bersaing untuk menarik minat beli konsumen seperti menciptakan kualitas layanan digital dan promosi yang bagus dan berkualitas melalui platform markrtetplace shopee. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas layanan digital dan promosi terhadap kepercayaan pelanggan dengan kepuasan pelanggan shopeefood sebagai variabel mediasi. Peneliian ini juga dilakukan untuk mengetahui persepektif bisnis islam terhadap kualitas layanan digital dan promosi, kepercayaan pelanggan dan kepuasan pelanggan shopeefood. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kajian pustaka dan kuesioner dengan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi manajemen bisnis syariah angkatan 2022 UIN Raden Intan Lampung. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Banyaknya sampel yang digunakan, ditentukan dengan rumus slovin yang berjumlah 81 responden. Teknik analisis data menggunakan metode parth analysis (analisis jalur) dengan bantuan sofware smartPLS. Hasil penelitian menujukkan bahwa kualitas layanan digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pelanggan, Promosi berpengaruh tidak positif dan signifikan terhadap kepercayaan pelanggan, Kualitas layanan digital dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhaadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signfikan terhadap kepercayaan pelanggan, kepercayaan pelanggan yang dimediasi oleh kualitas layanan digital terhadap kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan, kepercayaan pelanggan yang dimediasi oleh hubungan antara promosi terhadap kepuasan pelanggan tidak berpengaruh positif dan signifikan. iii Kata kunci : Kualitas Layanan Digital, Promosi, Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Shopeefood. iv ABSTRACK The many promising opportunities that can be utilized by business actors to create the markrtetplace platform have resulted in business actors competing to attract consumer buying interest such as creating good and quality digital services and promotions through the shopee markrtetplace platform. This study aims to examine the effect of digital service quality and promotion on customer trust with shopeefood customer satisfaction as a mediation variable. This research was also conducted to determine the perspective of Islamic businesses on the quality of digital services and promotions, customer trust and customer satisfaction of shopeefood. This study used quantitative methods. Data collection techniques in this study used literature review and questionnaires with Likert scale. The population used in this study is students of the sharia business management study program class of 2022 UIN Raden Intan Lampung. Sampling in this study used random sampling techniques. The number of samples used was determined by the slovin formula which amounted to 81 respondents. Data analysis techniques use the parth analysis method (path analysis) with the help of smartPLS software. The results showed that the quality of digital services has a positive and significant effect on customer confidence, promotion has a non-positive and significant effect on customer confidence, the quality of digital services and promotions has a positive and significant effect on customer knowledge, promotions have a positive and significant effect on customer benefits, promotions have a positive and significant effect on customer benefits, andpromotions Customer has a positive and significant effect on customer trust, customer trust mediated by digital service quality on customer satisfaction has a positive and significant influence, customer confidence mediated by the relationship between promotions and customer satisfaction does not have a positive and significant effect. v Keywords: digital service quality, promotions, customer satisfaction, and customer trust.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:29
Last Modified: 20 Mar 2024 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32818

Actions (login required)

View Item View Item