ANALISIS STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BERDASARKAN PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Produk Buak Tat Kehago Lampung)

Annastasya, Ayu Saputri (2024) ANALISIS STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BERDASARKAN PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Produk Buak Tat Kehago Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ANNASTASYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan usaha makanan khas daerah yang semakin menjamur, bisnis ini merupakan usaha yang sangat prospek, dilihat dari banyaknya wisatawan yang mulai melirik Lampung sebagai destinasi wisata. Karena banyaknya usaha sejenis sehingga mengakibatkan timbulnya persaingan, khususnya dari segi produk. Untuk mengatasinya, pengusaha harus menentukan strategi diferensiasi produk yang mampu meningkatkan penjualan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi diferensiasi produk untuk meningkatkan volume penjualan yang dilakukan oleh Pemilik Buak Tat Kehago Lampung dan Bagaimana perspektif bisnis syariah terhadap penerapan strategi diferensiasi produk Buak Tat Kehago Lampung. Sedangkan tujuan dan manfaatnya untuk mengetahui strategi diferensiasi produk apa yang digunakan Buak Tat Kehago dan untuk mengetahui perspektif bisnis syariah terhadap pada Produk Buak Tat Kehago. Penelitian ini menggunakan jenis field research, pendekatan kualitatif, sumber data primer dan sekunder serta menggunakan metode observasi dan wawancara yang diperoleh dari informan terkait dengan permasalahan penelitian. Penelitian ini menggunakan objek penelitian pada produk Buak Tat Kehago Lampung. Dapat disimpulkan bahwa strategi diferensiasi produk dalam meningkatkan penjualan yang diterapkan oleh Kehago Lampung sudah cukup baik dan efektif. Kehago Lampung telah menerapkan strategi diferensiasi produk dalam menjalankan bisnis, dan telah menerima dampak positif dari penerapan strategi diferensiasi produk secara alami terhadap volume penjualan Kehago Lampung. strategi diferensiasi produk untuk meningkatkan penjualan yang dilakukan Kehago Lampung sudah sesuai dengan prinsip Islam, seperti terbebas dari unsur gharar, riba, jual beli dilakukan atas dasar suka sama suka, bersikap transparan dan menerapkan prinsip kejujuran. Kata Kunci: Strategi Diferensiasi Produk, Volume Penjualan, dan Bisnis Syariah iv ABSTRACT The development of regional specialty food businesses is increasingly mushroominghis business is a business with great prospects, seen from the number of tourists who are starting to look at Lampung as a tourist destination. Because there are so many similar businesses, this results in competition, especially in terms of products. To overcome this, entrepreneurs must determine a product differentiation strategy that can increase sales. The formulation of the research problem is how the product differentiation strategy to increase sales volume is carried out by the owner of Buak Tat Kehago Lampung and what is the sharia business perspective on the implementation of the Buak Tat Kehago Lampung product differentiation strategy. Meanwhile, the aim and benefits are to find out what product differentiation strategy Buak Tat Kehago uses and to find out the sharia business perspective on Buak Tat Kehago products. This research uses field research, a qualitative approach, primary and secondary data sources and uses observation and interview methods obtained from informants related to the research problem. This research uses the research object of Buak Tat Kehago Lampung products. It can be concluded that the product differentiation strategy in increasing sales implemented by Kehago Lampung is quite good and effective. Kehago Lampung has implemented a product differentiation strategy in running its business, and has received a positive impact from implementing a natural product differentiation strategy on Kehago Lampung's sales volume. The product differentiation strategy to increase sales carried out by Kehago Lampung is in accordance with Islamic principles, such as being free from elements of gharar, usury, buying and selling carried out on a like-for-like basis, being transparent and applying the principle of honesty. Keyword: Product Differentiation Strategy, Sales Volume, and Sharia Business

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:52
Last Modified: 18 Mar 2024 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32777

Actions (login required)

View Item View Item