ANALISIS INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MOCHI ICHIGO DAIFUKU DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Bangpanjifoods Bandar Lampung)

Aulia, Rahmadini (2024) ANALISIS INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MOCHI ICHIGO DAIFUKU DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Bangpanjifoods Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI AULIA RAHMADINI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Adanya persaingan yang ketat dan penurunan penjualan pada bulan April 2023 sejumlah 1.362 mochi dari 7.720 mochi ke 6.358 mochi sebesar 0,17% penurunan penjualannya. Fenomena penurunan penjualan pada Bangpanjifoods menandakan bahwa manajemen pemasarannya pun menurun. Inovasi produk menjadi strategi prioritas bagi Bangpanjifoods. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana inovasi produk dalam meningkatkan penjualan mochi ichigo daifuku Bangpanjifoods? (2) Bagaimana inovasi produk dalam meningkatkan penjualan mochi ichigo daifuku Bangpanjifoods ditinjau dalam perspektif Bisnis Islam? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Inovasi Produk dalam meningkatkan Penjualan Mochi Ichigo Daifuku ditinjau dalam Perspektif Bisnis Islam Pada Bangpanjifoods Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Field Research dan termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari 3 narasumber melalui wawancara bersama pemilik usaha , Kepala Produksi, dan Manajer Keuangan Bangpanjifoods di Bandar Lampung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bangpanjifoods dalam meningkatkan penjualan cukup memadai, semakin bagus kualitas produk, banyak varian produk, dan semakin lengkap informasi yang terdapat pada desain kemasan produk Mochi Ichigo Daifuku Bangpanjifoods, maka penjualan semakin meningkat. Dalam prespektif bisnis Islam bahwa manajemen pemasaran yang diterapkan sesuai dengan prinsip Islam yaitu produk yang ditawarkan halal, kualitas produk baik, varian rasa produk beragam untuk dipilih konsumen, dan kemasan desain produk lengkap dengan informasi Bangpanjifoods. Kata Kunci : Inovasi Produk, Peningkatan Penjualan,Bangpanjifoods, Perspektif Bisnis Islam. ABSTRACT There is intense competition and a decrease in sales in April 2023 amounting to 1,362 mochi from 7,720 mochi to 6,358 mochi amounting to a 0.17% decrease in sales. The phenomenon of declining sales at Bangpanjifoods indicates that its marketing management is also declining. The problems studied in this research are:(1) How does product innovation increase sales of Bangpanjifoods mochi ichigo daifuku? (2) How does product innovation increase sales of Bangpanjifoods mochi ichigo daifuku from an Islamic Business perspective? The purpose is to determine product innovation in increasing sales of Mochi Ichigo Daifuku viewed from an Islamic Business Perspective at Bangpanjifoods Bandar Lampung. This research is qualitative research with data collection methods in the form of interviews, observation and documentation. This type of research is Field Research and is included in qualitative descriptive research using primary data obtained directly from 3 sources through interviews with business owners, Head of Production and Financial Manager of Bangpanjifoods in Bandar Lampung. The data analysis technique in this research uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results show that Bangpanjifoods is quite adequate in increasing sales, the better the product quality, the more product variants, and the more complete the information contained in the packaging design of Bangpanjifoods Mochi Ichigo Daifuku product, the more sales will increase. From an Islamic business perspective, the marketing management implemented is in accordance with Islamic principles, namely the products offered are halal, the product quality is good, there are various product flavors for consumers to choose from, and the product packaging design is complete with Bangpanjifoods information. Keywords: Product Innovation, Increased Sales, Bangpanjifoods, Islamic Business Perspective.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Mar 2024 07:20
Last Modified: 15 Mar 2024 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32752

Actions (login required)

View Item View Item